Jumat, 3 Mei 2024

Situs Milik PLN Diretas Hacker

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Tampilan situs PLN yang diretas. Foto : print screen laman web PLN

Situs PLN diretas oleh hacker yang menamakan dirinya AVI pada Selasa (30/9/2014) sejak pukul 07.30 WIB.

Pinto Rahardjo SPV Humas PLN Distribusi Jawa Timur pada Radio Suara Surabaya membenarkan peretasan situs PLN itu sesudah dilakukan saat melakukan pengecekan sejak pukul 07.30 WIB.

“Ini masih kita selidiki dan masih proses maintanance. Sesaat setelah kita tahu ini, kita langsung laporkan ini ke pusat,” kata dia.

Upaya yang dilakukan PLN saat ini, lanjut dia, mengerahkan seluruh tim IT untuk melakukan normalisasi situs yang diretas hacker. Waktu untuk penormalan situs ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

“Semoga ini bisa dimaklumi oleh pelanggan dan untungnya informasi yang ada di dalam situs informasi yang bisa bertahan lama. Misalnya seperti pemberitahuan ada pemadaman atau terkait tarif listrik,” ujar dia.

Namun, kata dia, sisi positif yang bisa diambil dari peristiwa peretasan situs ini PLN lebih introspeksi terkait peningkatan keamanan situs sehingga akan dilakukan perbaikan pengamanan website PLN.

“Tapi peretasan ini tidak perlu dikhawatirkan para pelanggan PLN karena tidak berpengaruh pada tarif PLN atau token,” tambah dia. (dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs