Kamis, 28 Maret 2024

Slank Mengaransemen Karya Ismail Marzuki

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Grup musik Slank ditunjuk untuk mengaransemen dan membuat lirik dari karya Ismail Marzuki yang selama ini baru dibuat partiturnya saja dalam lagu berjudul ‘Oh Ayah, Saya Ingin Kawin’.

Lagu tersebut akan dibawakan oleh Slank pada acara puncak perayaan 100 Tahun Ismail Marzuki di Teater Jakarta pada 24 Mei 2014, mendatang.

“Sebelum Ismail Marzuki meninggal, dia membuat notasi lagu Oh Ayah, Saya Ingin Kawin yang belum ada syairnya. Dari Rachmi Aziah (putri tunggal Ismail Marzuki), saya serahkan kepada Bimbim untuk dibuatkan syairnya,” kata Jasin Burhan, penata musik dalam keterangan pers 100 Tahun Ismail Marzuki di Graha bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Ivanka, pemain bas Slank, mengungkapkan Slank sangat bersemangat bisa terlibat dalam perayaan itu. Sebelumnya Slank pernah mengaransemen ulang lagu ‘Juwita Malam’ dengan gaya musik khas Slank.

“Kami sangat bersemangat sekali bisa berkolaborasi langsung. Spirit-nya Ismail Marzuki benar-benar hadir di sini. Dengan notasi lagu yang sangat unik, jadi-lah sebuah lagu dengan lirik yang bertema absurd. Musiknya jadi dalam satu hari,” ujar Ivan.

Pada penampilannya nanti, Ivan mengatakan Slank juga akan membawakan lagu ‘Juwita Malam’ dan ‘Payung Fantasi’.

“Bagi saya secara pribadi, sosok Ismail Marzuki nggak kalah hebat dengan Soekarno, Hatta. Beliau mengiringi perjuangan tokoh-tokoh pahlawan kita,” ungkap Ivan yan dilansir dari Antara.

Kaka menambahkan Ismail Marzuki adalah sosok yang memberi pengaruh pada generasi saat ini.

“Sebuah generasi diciptakan, nggak hanya di politik saja, tapi di musik dan seni pun ada pendahulunya. Kalau sekarang kita merasa original belum tentu juga, mungkin Slank dan saya mendapat pengaruh dari pendahulu kita,” jelas Kaka.

Ismail Marzuki merupakan komponis besar Indonesia yang telah menciptakan karya-karya legendaris seperti ‘Sepasang Mata Bola’, ‘Juwita Malam’, ‘Rayuan Pulau Kelapa’, dan masih banyak lagi.

Ismail Marzuki adalah putra Betawi asli yang mendapat anugerah penghormatan dengan dibukanya Taman Ismail Marzuki, sebuah taman dan pusat kebudayaan. (ant/ain/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs