Sabtu, 4 Mei 2024

Soal UN SMP Tidak Ada Perbedaan untuk Siswa Tunanetra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Ditegaskan Drs. Eko Purwanto MSi Kepala SMP LB YPAB Surabaya bahwa soal ujian nasional (UN) untuk siswa tunanetra tidak berbeda dengan soal ujian untuk siswa SMP pada sekolah lainnya.

“Siswa tunanetra mengerjakan soal ujian nasional yang sama seperti yang dikerjakan oleh siswa SMP lainnya peserta ujian nasional. Tidak ada perbedaan, dan pelaksanaannya juga pada waktu yang bersamaan,” ujar Eko.

Jika sebelumnya ada kekhawatiran para siswa tunanetra mengerjakan soal ujian dengan huruf Braille, kekhawatiran itu terjawab dan untuk ujian nasional SMP tahun ini, siswa tunanetra mengerjakan soal ujian nasional yang sama.

Dengan demikian, lanjut Eko nantinya pada saat pelaksanana ujian nasional, maka para siswa tunanetra akan mendapatkan bantuan dari pendamping dalam rangka pengisian lembar jawaban ujian nasional.

Tetapi ditegaskan Eko, bahwa bantuan dari pendamping dimaksud adalah hanya untuk pengarsiran lembar jawaban ujian nasional saja. “Bukan membantu menjawab soal ujian, tapi membantu mengisi dilembar jawaban saja,” tukas Eko.

Untuk itu, siswa tunanetra diharapkan dapat berkonsentrasi penuh pada saat pelaksanaan ujian nasional, khususnya saat mulai mengerjakan soal-soal ujian nasional yang disertai dengan pendamping tersebut.

“Kami juga berharap kepada para pendamping bagi siswa-siswi kami nanti pada saat mengerjakan soal ujian nasional, bertugas dengan profesional. Kami juga telah melakukan try out bagi siswa agar mereka lebih berkonsentrasi,” tegas Eko Purwanto saat ditemui suarasurabaya.net, Selasa (8/4/2014).(tok)

Teks foto:
– Soal ujian nasional siswa tunanetra sama seperti sekolah lainnya.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs