Jumat, 19 April 2024

Stok Darah Menipis Pengaruhi Layanan ke Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Stok persediaan darah yang menipis disaat puasa Ramadhan, jika tidak segera diantisipasi dipastikan dapat mempengaruhi layanan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kalau tidak segera diantisipasi memang akan berdampak pada masyarakat yang membutuhkan darah. Termasuk rumah sakit atau instansi-instansi yang membutuhkan darah juga akan mengalami hambatan dalam pelayanannya,” tegas Agung Tri Jutanto humas PMI Surabaya.

Menjelang sepekan pelaksanaan puasa Ramadhan 1435H, kabar menipisnya stok persediaan darah di PMI Surabaya diharapkan tidak akan berkelanjutan sampai pada titik terendah.

“Kalau berdasarkan catatan tahun sebelumnya penurunan jumlah stok persediaan darah di PMI Surabaya dikisaran 40% dari total perolehan darah setiap hari. Tentunya penurunan itu juga harus terus diwaspadai, karena akan berdampak,” tambah Agung.

Sebagai satu diantara antisipasi agar stok persediaan darah tetap aman di PMI Surabaya, adalah dengan melakukan sejumlah kegiatan sosial pro aktif yang mengajak masyarakat untuk tetap mendonasikan darahnya dikala Ramadhan.

“Yang sudah kami lakukan satu diantaranya adalah membuka beberapa layanan mobile dilokasi-lokasi terdekat dengan masyarakat. Mulai awal bulan lalu sebelum memasuki puasa Ramadhan, kami sudah lakukan itu, untuk menjaga jumlah stok persediaan darah agar tetap aman,” pungkas Agung Tri Jutanto pada suarasurabaya.net, Rabu (2/7/2014).(tok/rst)

Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs