Senin, 30 November 2020

Surabaya Akan Membangun Zona Air Siap Minum

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Surabaya akan membangun zona air siap minum di semua kecamatan. Rencana itu dikatakan Tri Rismahraini Walikota Surabaya di sela Pertemuan Internasional Air Minum dan Sanitasi, di Grand City, Rabu (21/5/2014).

Kata Risma, dia sudah minta pada direksi PDAM Surabaya untuk segera mewujudkan pembangunan zona air siap minum itu dalam waktu dekat. “Hanya kendala yang dikhawatirkan, jaringan pipa di Surabaya beda dengan di luar negeri, kalau di sini khawatir terdampak pembangunan jaringannya akibat tidak menyatunya sistem jaringan pipa yang ada,” ujar Risma.

Ditambahkan Risma, kalau nanti pipanya kena gali dan jebol, maka akan mencemari jaringan pipa air yang siap minum. “Untuk itu, akan dibangun jaringan baru yang khusus digunakan untuk air siap minum,” jelasnya.

Untuk tahap awal, pembangunan zona air siap minum itu akan dilakukan di Kawasan Surabaya Timur dan sekitarnya. “Di tahap awal rencananya zona air siap minum akan dibangun untuk satu kecamatan, baru kemudian dikembangkan ke kecamatan lainnya yang sudah siap,” paparnya.

Sebelumnya PDAM diminta untuk membangun di 31 kecamatan, tapi kenyataannya kondisi itu belum bisa dilakukan, karena kendala teknis. “Untuk mendukung pembangunan zona air siap minum, PDAM akan mengganti semua pipa yang sudah tua,” jelas Risma.

Untuk anggaran pembangunan jaringannya, dipastikan tidak akan mengambil dari APBD Surabaya, karena PDAM Surabaya dinilai mampu membiayai semua dengan anggarannya sendiri. “Uang cadangan PDAM Surabaya itu sudah satu triliun rupiah lebih, tapi tidak pernah dipakai. Kalau hanya dipakai Rp 300 miliar saja, saya pasti suruh pakai,” ungkap Risma.

Direncanakan untuk tahap awal, pembangunan zona air minum bersih akan segera diterapkan PDAM Surabaya di 25 kecamatan dengan bertahap. (tas)

Teks Foto :
– Tri Rismahraini Walikota Surabaya.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Surabaya
Senin, 30 November 2020
27o
Kurs