Minggu, 19 Mei 2024

Surabaya Luncurkan Bus Listrik Pertama di Indonesia

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat berada samping bus listrik didampingi , M Nuh pencetus Bus Listrik, dan beberapa pejabat PT Telkomsel. Foto: Humas PT Telkomsel untuk suarasurabaya.net

Setelah beberapa waktu lalu sukses membuat mobil listrik, saat ini Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, meluncurkan bus listrik yang pertama kali ada di Indonesia, Minggu (23/11/2014) di depan GraPARI Telkomsel, Taman Bungkul, Surabaya.

Peluncuran Bus Listrik ini dihadiri langsung Tri Rismaharini Walikota Surabaya, Alex J Sinaga Direktur Utama Telkomsel, Prof Dr Triyogi Yuwono Rektor ITS , M Nuh Mantan Menteri Pendidikan yang juga mantan Rektor ITS, serta Mas’ud Khamid Direktur Sales Telkomsel.

“Bus listrik karya mahasiswa ITS ini berkapasitas 25-30 orang. Bus ini nantinya digunakan sebagai moda transportasi di kawasan kampus ITS,” kata Alex J Sinaga Dirut Telkomsel, Minggu (23/11/2014), saat acara peluncuran bus listrik.

Dia menambahkan,kesuksesan ITS membuat bus listrik ini tidak lepas dari bantuan dana sekitar Rp 1,5 miliar dari Telkomsel. Dana tersebut digunakan untuk melakukan penelitian hingga mendatangkan motor penggerak dan baterai dari Tiongkok, sampai menjadi produk yang siap dioperasionalkan.

“Bus listrik ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan mahasiswa ITS. Dan keunggulan bus listrik ini adalah mampu menghemat biaya operasional hingga 50 persen dibandingkan dengan bus konvensional,” ujarnya.

Kehadiran bus listrik karya ITS ini, kata dia, menunjukkan bahwa sebenarnya sumber daya manusia Indonesia tidak kalah dengan sumber daya manusia dari luar negeri.

“Kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak perlu impor bus listrik dari China, karena kita mampu memproduksi bus listrik sendiri, kata Dirut Telkomsel

Sementara itu, Tri Rismaharini Walikota Surabaya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ITS dan Telkomsel yang telah bekerjasama dengan baik untuk mewujudkan bus listrik.

“Terima kasih untuk semuanya, kehadiran bus listrik ini mewujudkan misi kota Surabaya sebagai eco city. Di depan ini (Jalan Raya Darmo depan GraPARI-red) akan ada trem dan monorel, maka lengkap Surabaya menjadi Eco City,” kata Risma.

Risma mengaku bangga atas peluncuran bus listrik pertama kali di Indonesia. Dia juga tertarik dengan bus listrik tersebut, bahkan berkeingan mengendarai mobil dinas dengan tenaga listrik.

Usai ikut merasakan menumpang bus listrik tersebut, Risma berencana akan memesan bus listrik untuk angkutan pariwisata di Surabaya. “Nanti bisa menjadi bus wisata kita. Kita lihat nanti lah,” kata dia. (wak/rst)

Teks Foto:
– Tri Rismaharini Walikota Surabaya di bangku kemudi Bus Listrik didampingi Alex J Sinaga Direktur Utama Telkomsel, Prof. Dr. Triyogi Yuwono DEA Rektor ITS, Mas’ud Khamid Direktur Sales Telkomsel, dan Prof. Dr. M NuhPencetus Bus Listrik.
Foto: Humas PT Telkomsel untuk suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs