Kamis, 25 April 2024

Surabaya Single Window Terbaik se Asia Pasifik

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Joshua Chamber dari FutureGov Asia-Pasific menyerahkan penghargaan kepada Antiek Sugiharti. Foto : Istimewa

Sistem perizinan online Single Window (SSW) yang dijalankan Pemerintah Kota Surabaya mendapatkan penghargaan sebagai inovasi pelayanan publik terbaik kategori Future City versi FutureGov Asia-Pasifik.

Informasi yang diterima suarasurabaya.net, penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Joshua Chamber dari FutureGov Asia-Pasifik kepada Antiek Sugiharti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya yang hadir mewakili Walikota di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia, Kamis (9/10/2014) siang waktu Indonesia.

Pada kategori Future City, SSW menyisihkan nominator dari negara lain, di antaranya i-MEMS (Malaysia), Subang Jaya Municipal Council (Malaysia), NEA Haze (Singapura) dan HBD UEM (Singapura). Para nominator ini merupakan hasil seleksi dari dewan juri dari sekian banyak aplikasi pelayanan publik di beberapa negara, khususnya di wilayah Asia-Pasifik.

Secara keseluruhan, SSW Surabaya berhasil menempatkan sejumlah aplikasi pelayanan publik unggulan di beberapa kategori penilaian, yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk kategori Education dan e-Payment untuk kategori Transformation.

“Ini menunjukkan pengakuan dunia luar terhadap Surabaya terus meningkat, Surabaya akan semakin dikenal secara global,” kata Antiek dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Mantan Kabag Kerjasama ini mengatakan, proses penilaian dilakukan oleh dewan juri secara tertutup dan diam-diam. Pemerintah kota hanya diberi tahu bahwa skala penilaian untuk pelayanan publik yang baik meliputi kecepatan, kemudahan, kejelasan waktu, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami sama sekali tidak tahu kapan dan bagaimana mereka (dewan juri) melakukan penilaian. Tiba-tiba saja kami diinformasikan kalau SSW menang penghargaan FutureGov,” kata dia. Antiek sendiri berangkat ke Malaysia bersama Dedik Irianto Kabag Bina Program dan M. Fikser Kabag Humas.

Menurut Antiek penghargaan ini sekaligus dapat membantu mempromosikan Surabaya terutama menjelang ASEAN Free Trade Area (AFTA) pada 2015 mendatang. Apalagi, penyerahan FutureGov dilakukan di sela-sela rangkaian FutureGov Summit yang dihadiri 250 pimpinan/CEO dari negara-negara Asia seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Korea dan Jepang.

Sekadar diketahui, FutureGov merupakan lembaga nirlaba independen berskala internasional. Setiap tahun, FutureGov memberikan apresiasi kepada inovasi-inovasi pelayanan publik pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Di samping pemberian penghargaan dan forum internasional, lembaga yang berkantor pusat di Singapura untuk wilayah Asia-Pasifik ini juga memberikan fasilitasi pelatihan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs