Rabu, 8 Mei 2024

Sutradara, Apresiasi Film Pendek Meningkat

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan
Foto: Ilustrasi

Apresiasi masyarakat Indonesia pada film-film pendek terus mengalami peningkatan dan menuju ke arah yang lebih baik.

Wiryadi Dharmawan, Sutradara Peraih Piala Citra 2013 mengatakan peningkatan tersebut diimbangi dengan kualitas produktifitas para sineas muda saat ini yang semakin baik.

“Saat ini ada kecenderungan peningkatan dan ratingnya sudah bagus. Sudah lumayan banyak sineas muda yang lahir dan memiliki karya yang patut diapresiasi,” katanya saat dihubungi .

Menurutnya, selama 10 tahun terakhir, selalu ada film-film bagus baik dari lokal maupun nasional yang banyak mengangkat budaya dan karakter lokal. “Ini kecenderungan yang baik dan kedepannya diharapkan sineas muda lebih banyak memunculkan karakter lokal dan terus belajar juga berkarya, agar bisa bersaing dengan sineas luar negeri, jelasnya.

Hal ini karena, ia menambahkan, jika harus dibandingkan dengan sineas mancanegara kita masih kalah, khusunya dalam hal jumlah. “Inilah kenapa film animasi mancanegara lebih sering muncul.”

Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah memberi wadah lebih kepada muda-mudi, sineas muda yang ingin berprestasi dan produktif dalam karya-karyanya.

“Perhatian masyarakat masih kurang, padahal mereka butuh ruang seperti belajar dan koneksi. Yang tertarik menjadi sineas itu banyak hanya mereka terkendala koneksi dna tidak tahu harus kemana jika ingin belajar. Itulah sebabnya sulit berkembang,” jelasnya. (ain/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
30o
Kurs