Minggu, 19 Mei 2024

Tahun 2020, Surabaya Jadi Kota Hijau

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. Foto : dok suarasurabaya.net

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya optimis kota yang dia pimpin mampu merealisasikan konsep green city pada tahun 2020 mendatang.

Optimisme ini dia sampaikan dihadapan komunitas pecinta gedung tinggi atau pencakar langit (skyscrapercity), saat menggelar gathering nasional ke IV, Sabtu (8/11/2014), di pusat perkantoran Spazio.

Risma mengatakan, kedepan, di Surabaya sudah tidak memungkinkan pembangunan dilakukan secara horizontal. Dikarenakan lahan di Surabaya semakin hari semakin sempit, mau tidak mau pembangunan gedung perkantoran dan perumahan (apartemen,red) di bangun vertikal (menjulang tinggi,red).

“Sekarang ini kita sudah sangat sulit untuk memiliki ruang publik, makanya dengan dibangunnya bangunan secara vertikal. Juga gedung yang dibangun harus peduli terhadap lingkungan, dengan menerapkan green building. Hal itu sangat diperlukan untuk masa depan anak-anak kita kelak,” ujarnya.

Pemkot Surabaya juga membantu masyarakat ekonomi menengah dan kurang mampu dengan membangun rumah susun. Sebab, sebanyak 60 persen masyarakat lebih memilih tinggal di perkotaan, karena dekat dengan pekerjaan mereka. Namun, yang terjadi sekarang, lanjut Risma, mereka tinggal di pinggir perkotaan karena nilai jual rumah relatif murah dibandingkan di kota.

“Akan tetapi, yang terjadi adalah biaya hidup mereka menjadi membengkak, apalagi bagi ekonomi menengah dan bawah. Berapa biaya transportasi yang mereka hasbiskan per bulannya. Kenapa di China banyak membangun rusun di perkotaan, karena mereka sadar kota menjadi salah satu tujuan untuk mencari pekerjaan,” terangnya.

Pembangunan gedung vertikal harus dibarengi dengan transportasi massal yang memadai, kata Risma, untuk itu Pemkot Surabaya akan membangun Angkutan Massal Cepat (AMC) trem dan monorel. Karena, transportasi massal akan sangat dibutuhkan agar di pusat kota tidak macet.

“Untuk itu, Pemkot akan membangun enam gedung parkir, sehingga masyarakat yang mau kearah kota bisa memarkir kendaraannya disana, kemudian naik AMC menuju kota. Dengan bagitu kemacetan ditengah kota akan teratasi,” ujarnya. (fik)

Teks Foto :
-Tri Rismaharini saat menjadi pembicara di Spazio.
Foto : Humas Pemkot

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs