Kamis, 9 Mei 2024

Taman Asyik untuk Ngabuburit

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Ngabuburit adalah sebuah istilah dari Bahasa Sunda yang sangat populer di tengah masyarakat, terlebih saat momen Ramadhan berlangsung. Artinya sendiri ialah menunggu atau menghabiskan waktu hingga buka puasa atau saat adzan maghrib berkumandang.

Saat menunggu itulah biasanya dimanfaatkan banyak warga untuk keluar rumah, dari sekadar jalan-jalan mencari makanan untuk berbuka, nongkrong bareng keluarga atau kawan hingga turut serta melakukan melakukan aksi bagi takjil, bermusik dan lain sebagainya.

Semakin seru dan asyik lokasi untuk ngabuburit, maka akan semakin menggugah selera berbuka. Taman kota, adalah salah satu alternatif pilihan lokasi yang bisa dikunjungi. Berikut taman di Surabaya yang bisa Anda kunjungi untuk ngabuburit.

1. Taman Bungkul
Di sini merupakan salah satu taman terfavorit warga Surabaya. Berlokasi di jantung kota, Jl. Raya Darmo, Surabaya, Taman Bungkul selalu ramai dikunjungi. Apalagi saat-saat ngabuburit, baik itu pasangan muda-mudi, keluarga, maupun pengguna jalan yang ingin berbuka puasa saat melintas.

Selain pemandangan yang asri, taman ini hampir bisa dibilang komplit, karena memiliki skateboard track dan BMX track, jogging track, panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment, zona akses wi-fi gratis, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera dan sentra PKL.

Terlebih juga terdapat banyak sekali menu kuliner khas Suroboyoan, seperti rujak cingur, lontong balap Wonokromo, lontong mie, semanggi Suroboyo, dan menu makanan favorit lainnya. Semua terorganisir secara rapi termasuk pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya.

2. Taman Apsari
Sebuah taman asri di kawasan Kota Tua Surabaya. Salah satu taman dari taman taman peninggalan Pemerintahan Belanda. Di tengah taman ini ada Monumen Gubernur Suryo lengkap dengan air mancur yang menambah sejuk suasana. Letaknya persis di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Di sini tempat rekreasi keluarga dan semua kalangan anak muda di surabaya karena mempunyai ruangan terbuka hijau yang cukup luas dan berada di tempat yang strategis sehingga jadi daya tarik tersendiri apalagi saat malam hari.

Taman ini ramai untuk ajang berkreasi dalam berbagai bidang. Banyak komunitas baik itu sepeda, fans music, sampai dance mengadakan perkumpulan di taman ini

Ngabuburit di taman ini, masyarakat bisa melihat beberapa gedung bersejarah seperti Gedung Negara Grahadi, Kantor Pos Simpang yang tertua di Surabaya, Arca Joko Dolog, dan Hotel Simpang yang juga merupakan peninggalan Belanda.

3. Taman Prestasi
Apabila anda ingin memanjakan hasrat bermain anak-anak sambil menunggu waktu berbuka tiba, di Taman Prestasilah tempatnya. Beragam fasilitas mulai playground hingga atraksi seni tersedia disini. Keceriaan bersama keluarga serta-merta dapat tercipta.

Taman seluas 6000 m2 ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman dan dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak-anak. Disini, warga kota juga dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih oleh kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha.

4. Taman Flora
Taman Flora Surabaya tetap diminati warga Surabaya saat Ramadhan dan salah satu tempat ngabuburit asyik.

Terlebih adanya system wifi dan internet gratis yang menjadi satu alternatif lagi untuk masyarakat Surabaya memanfaatkan waktu menjelang buka puasa.

Taman seluas 2,4 Hektar yang terletak di eks Kebon Bibit, Bratang Surabaya ini kini kian bertambah nilainya. Selain rindang oleh ratusan jenis pohon dan tanaman, taman ini juga disebut Techno Park karena dilengkapi dengan fasilitas teknologi internet.

Selain, keempat taman tersebut masih banyak taman-taman yang ada di kota Surabaya, yang bisa dikunjungi untuk jadi alternatif saat ngabuburit. Seperti taman surya, taman mundu, taman ketabang kali, taman lansia dan taman petsahabatan. (ain/ipg)

Teks Foto:
1. Taman Bungkul
2. Taman Apsari
3. Taman Prestasi
4. Taman Flora

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
29o
Kurs