Sabtu, 4 Mei 2024
#DiskusiSSToday di e100

Tidak Cair-Cair, Guru Menunggu TPP Hingga Meninggal

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan

Hasil dari audit tunggakan pembayaran Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang diterima Kemendikbud menunjukkan dana TPP yang mengendap di daerah mencapai Rp 6,06 triliun.

Haryono Umar Inspektur Jenderal Kemendikbud mengatakan, Kemendikbud berupaya keras untuk mengawasai dana transfer daerah yang selama ini sering lolos dari pengawasan. Sementara itu beberapa masyarakat lewat forum #DISKUSISSTODAY yang diadakan fanpage facebook e100 menyampaikan TPP di beberapa daerah di Jawa Timur masih belum terdistribusi dengan baik.

Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Bojonegoro dan Madiun adalah di antara kota-kota yang distribusi TPP-nya tersendat seperti dilaporkan SSNetters.

“Rekening yang diajukan tidak sesuai dengan rekening daftar TPP oleh Diknas Surabaya, sudah diurus bolak balik ke bank yang ditunjuk serta ke Diknas Surabaya, jawabannya hanya tunggu saja pengumuman lebih lanjut. dari bulan Juli-Agustus 2013,” tulis Rachmalla Esaputri.

Nia Awfalby dari Sidoarjo menulis “TPP tahun 2010 juga belum cair di Sidoarjo, tapi pengajuan sudah dilakukan sejak awal tahun 2013 kemarin”.

Sedangkan Diaz menceritakan TPP ayahnya belum keluar hingga ayahnya meninggal. “Kebetulan ayah ibu saya jga guru di Bojonegoro dan katanya TPP akan keluar Desember 2013, setelah berbulan-bulan sebelum tahun 2013 gak cair2. Hingga bulan ini juga belum keluar-keluar sampai keburu ayah saya meninggsl dunia,”

Kisah pendidik non-PNS disampaikan Rizka. “Istri saya guru TK/PAUD non PNS di Gondang Nganjuk TPP 2013, 4 bln yg blm cair, sampai saat ini jg blm cair, disuruh sabar krn blm ada dana katanya,” tulis Rizka.

Sementara itu, Toni Syaifuddin menulis bahwa ayahnya yang seorang guru agama juga belum menerima TPP sejak tahun kemarin. “TPP bapak saya tahun 2013 6 bulan blm cair sampai beliau per 1 januari 2014 pensiun sbg Guru Agama d Kab.Jombang. Kebetulan budhe saya yang juga guru Agama di Kab. Jombang TPP 6 bulan terakhir juga belum cair”

Drs. Ichwan Sumadi MMI Ketua PGRI Jatim mengatakan untuk guru agama memang belum keluar sejak 2013 lalu. “Malah guru agama sudah satu tahun belum terbayarkan,” katanya saat dihubungi Radio Suara Surabaya

Ichwan juga menambahkan bahwa pihaknya sudah bertindak dengan mengirim surat pada dua kementrian. “Kemarin kami sudah kirim surat ke Menteri Agama dan Keuangan karena tidak tepatnya penerimaan TPP Guru Agama. (ham/ipg)

Teks Foto:
– Forum #DISKUSISSTODAY yang diadakan fanpage facebook e100

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs