Minggu, 28 April 2024

Tiga Unit Pasukan Standby untuk Lakukan Penyelaman

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Tim SAR gabungan yang sekarang berada di perairan sektor lima Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, sampai saat ini belum dapat berbuat banyak akibat cuaca buruk. Hujan deras saat ini mengguyur lokasi pencarian disertai gelombang air laut yang mencapai ketinggian 2 sampai 3 meter.

Marsdya TNI Bambang Soelistyo Kepala Basarnas dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (31/12/2014) mengatakan, tidak bisa melawan kehendak alam. Meskipun sudah dipersiapkan penyelam yang tangguh dan mampu menyelam sampai kedalaman 20 sampai 25 meter.

“Saat ini, sudah ada tiga pasukan unit yang standby untuk melakukan penyelaman, yakni dari Tim Amfibi, Dinas Penyelaman Bawah Air, dan Kopaska,” katanya.

Namun melihat cuaca yang kurang bersahabat, para penyelam itu belum bisa didorong ke laut untuk mencari korban.

Menurut Bambang, dalam operasi seperti ini, tidak cukup hanya dengan mampu menyelam, tapi faktor keselamatan penyelam juga harus dipertimbangan.

“Jangan sampai menyelamatkan orang lain, tapi diri sendiri tidak selamat,” kata Soelistyo.

Sekadar diketahui, hingga saat ini, jumlah jenazah yang sudah berhasil dievakuasi sebanyak enam orang. Korban terdiri tiga perempuan dan tiga korban laki-laki. Satu diantara tiga jenazah perempuan yang ditemukan, teridentifikasi mengenakan seragam pramugari. (jos/nif/ipg)

Teks Foto:
– Marsdya TNI Bambang Soelistyo Kepala Basarnas (kiri).
Foto: Jose suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs