Minggu, 28 April 2024

Tim Investigasi Menhut Periksa Empat Pegawai KBS

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Untuk mengungkap kasus kematian Michael singa koleksi Kebun Binatang Surabaya, empat orang pegawai KBS diperiksa Tim Investigasi Kemenhut.

Pemeriksaan baru akan dilakukan Sabtu (11/1/2014), sesudah kemarin tim investigasi bersama polisi dan pemerhati satwa melihat langsung kondisi kandang Michael dan alat bukti lain yang ditemukan di lokasi.

Suharyono Kasubdit Penyidik Wilayah I Kementrian Kehutanan yang juga Ketua Tim Investigasi mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan bertahap. “Untuk awal ini, kita akan periksa dua keeper, kurator dan direktur operasional,” ujarnya, Sabtu (11/1/2014).

Menurut Suharyono, pemeriksaan akan dilakukan tertutup di Kebun Binatang Surabaya. “Soal materinya nanti bisa berkembang, tapi intinya pada kronologis sampai terjadinya kematian Michael,” tambahnya.

Ketua Tim Investigasi Kementrian Kehutanan ini mengatakan, sampai berapa lama pemeriksaan dilakukan pada empat pegawai KBS, waktunya juga belum bisa dipastikan.

”Kalau memang perlu ada pengembangan, tidak menutup kemungkinan masih ada lagi yang akan diperiksa,” jelas Haryono.

Sebelumnya dilapokan, Tim Investigasi Kemenhut dan polisi sudah melakukan langkah awal untuk mengungkap kematian Michael singa koleksi KBS, dengan memeriksa kondisi kandang.

Selain itu tim investigasi gabungan juga sudah minta pendapat beberapa pakar satwa termasuk di antaranya pemerhati satwa, yang paham dengan pola hidup satwa.

Dalam pemeriksaan awal, muncul dugaan, matinya Michael singa koleksi KBS, karena birahi sesudah melihat macan betina yang kandangnya ditempatkan persis di depan kandang Michael.

Kondisi yang ada di kandang, membuat satwa yang birahi, melakukan gerakan-gerakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya, termasuk seperti yang terjadi pada Michael. (tas/ipg)

Teks Foto :
1. Saat liburan pengunjung Kebun Bintang Surabaya ramai.
2. Suharyono Kasubdit Penyidik Wilayah I Kementerian Kehutanan.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs