Rabu, 8 Mei 2024

Tips Hindarkan Orang Tua Cemas Saat Anak UN

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Anak-anak yang merasakan kecemasan saat menghadapi Ujian Nasional (UN) harus didukung dengan pemberian semangat dan motivasi dari orang tua. Namun jangan sampai motivasi itu berupa tindakan yang irasional.

Berikut tips agar orang tua tidak merasa cemas saat buah hatinya sedang menghadapi ujian nasional (UN) yang disampaikan oleh Isa Anshori Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya pada suarasurabaya.net, Rabu (16/4/2014).

Kata Isa, jangan sampai anak berada dalam posisi anti klimaks artinya orang tua harus menciptakan suasana yang rileks sehingga anak merasa tenang saat menghadapi UN.” Butuh masa jeda untuk anak relaksasi tanpa menghilangkan keharusan mereka untuk belajar atau mengulang pelajaran yang dipelajari di sekolah,” kata dia.

Kadang orang tua juga mengikutsertakan anaknya dalam bimbingan belajar tambahan. Kata Isa, itu banyak dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan lebih.” Namun jangan sampai anak berada dalam posisi kelelahan karena banyak tersita untuk belajar. Tapi biarkan anak tetap mempunyai waktu untuk bermain,” ujar dia.

Tetaplah menjaga anak untuk nantinya bisa menghadapi kenyataan yang ada. Kebutuhan otak kanan juga harus diseimbangkan dan jangan hanya otak kiri yang dipaksa. (dwi/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs