Sabtu, 18 Mei 2024

Trend Jadi Pengusaha Makin Menguat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Meski keinginan menjadi PNS masih cukup tinggi tapi yang ingin menjadi wirausahawan juga tidak sedikit. Beberapa tahun terakhir, anak muda yang ingin menjadi pengusaha makin meningkat.

Roy Juan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya pada Radio Suara Surabaya mengatakan, meningkatnya keinginan anak muda menjadi pengusaha karena pengaruh media termasuk dorongan dunia kampus yang terus mendengungkan pentingnya menjadi wirausaha.

Roy menjelaskan, menjadi wirausahawan sangat menguntungkan apalagi menjelang pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan menjadi pengusaha akan bisa menggerakkan roda perekonomian dan membantu pemerintah menyerap tenaga kerja.

Di Amerika, kata Roy, ada kelas khusus bagi calon pengusaha muda. Sebelum bertarung di dunia bisnis mereka dimasukkan inkubator di kampus untuk dilatih dan dibimbing menjadi pengusaha handal. Para pengusaha sukses juga terlibat sebagai mentor selain dari para dosen. Sesudah keluar dari kampus mereka tetap didampingi.

Roy Juan yakin, pengusaha muda dan pemula Indonesia bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Competitivenes Indonesia tidak kalah dengan negara-negara Asean lainnya. Untuk memperkuat Competitivenes kita, kata Roy, pengusaha muda harus menguasai bahasa asing seperti Inggris dan China. (gk/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs