Sabtu, 18 Mei 2024

Try Out Boleh Diselenggarakan, Asal Tidak Membebani

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menilai, sejauh ini try out yang dilakukan di sekolah dampaknya positif, sepanjang try out itu tidak membebani siswa itu sendiri, orang tua siswa, dan guru.

Penyelenggarakan try out memang tidak secara resmi dianjurkan oleh Pemerintah. Namun tujuan diselenggarakan try out adalah untuk mengasah anak didik sebagai persiapan menghadapi ujian nasional

“Oleh karena itu dibutuhkan bekerjasama dengan media cetak elektronik, maupun dengan lembaga bimbingan belajar untuk menyelenggarakan try out. Dalam try out, anak didik diasah dengan soal-soal lama dan prediksi soal-soal yang baru,” kata Harun Kepala Dinas Pendidikan Jatim kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (5/3/2014).

Dia menambahkan, dengan kemajuan teknologi terutama dengan adanya internet, ini memudahkan untuk menyiapkan materi-materi try out, yang kualitasnya setara dengan ujian nasional. “Materi try out banyak sumbernya, bisa mengacu pada soal-soal yang lama, atau mengunduh dari internet,” ujarnya.

Menanggapi try out yang diselenggarakan di luar sekolah, atau penyelenggara swasta, Harun mengatakan, saat ini juga efektif, karena pada hari H nya nanti anak tidak grogi dalam mengerjakan soal ujian.

“Intinya kan tidak memberatkan siapapun, dan tidak memaksa. Misalnya ada sekolah yang mewajibkan mengikuti try out di tempat A atau B, itu sudah tidak benar,” kata Harun.

Untuk Lembaga Bimbingan Belajar yang menjanjikan try out di tempat tersebut menjamin sukses Ujian Nasional 100%, Dia justru menyangsikan. Jika Bimbel sifatnya memberikan bekal kepada siswa agar siap menghadapi ujian, itu masih masuk akal, tapi kalau sudah menjajikan sukses 100% lulus ujian itu bagaimana caranya.

“Saya saja kepala dinas tidak berani menjamin 100%, masak bimbel menjanjikan sukses 100 persen. Kalau ada yang seperti itu bisa dilaporkan saja ke Dinas, biar nanti saya tanya kok berani menjanjikan apa modalnya,” pungkasnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Siswa SMA ini sedang konsentrasi mengerjakan soal-soal try out Ujian Nasional.
Foto: Dok.suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
31o
Kurs