Rabu, 24 April 2024

Tukar Kebudayaan, 4 Pelajar Korea Selatan Main Gamelan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mengenakan pakaian daerah Nusantara, pelajar Korea Selatan mainkan Gamelan Jawa. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengenakan satu diantara pakaian tradisional Nusantara, 4 pelajar asal Korea Selatan yang tergabung dalam World Friends IT Volunteers, Jumat (29/8/2014) bermain Gamelan Jawa di sekolah Dharma Mulya Surabaya.

Sambil membaca partitur notasi Gamelan, Tae Heon Kwon, Yubin Yeon, Bomjun Kim dan Doori Na, memainkan Gamelan dengan meyakinkan dan sesekali tertawa lepas jika nada yang mereka mainkan ternyata saah.

Bersama dengan siswa Sekolah Dasar (SD) Dharma Mulya, ke 4 pelajar asal Korea Selatan yang memang sudah hadir sejak sekitar sebulan lalu, terlihat tidak canggung memainkan Gamelan Jawa diaula sekolah Dharma Mulya Surabaya.

Christian Andhika Pramudia humas Sekolah Dharma Mulya menyampaikan bahwa tahun 2014 ini merupakan tahun ke 6 bagi pelajar Korea Selatan untuk hadir di Indonesia, khususnya di sekolah Dharma Mulya Surabaya.

“Sejak tahun 2008 lalu, kami memang sudah menjalin hubungan dengan Korea Selatan melalui World Friends IT Volunteers. Mereka mengajar beberapa mata pelajaran, termasuk seni, budaya dan IT. Dan Jumat (29/8/2014) adlaah puncak acara, dan mereka bermain Gamelan,” terang Christian Andhika Pramudia pada suarasurabaya.net, Jumat (29/8/2014).

Sebelumnya, tambah Christian, para pelajar Korea Selatan ini, sejak 5-30 Agustus 2014 berbagi ilmu dan pengetahuan kepada siswa Sekolah Dharma Mulya diantaranya: teknologi informasi, Tekwondo, Bahasa Korea, serta budaya Korea.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs