Minggu, 5 Mei 2024

Uniknya Grebek Maulid ala Warga Rangkah

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Warga Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Surabaya kembali menggelar grebek maulid untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Selasa (14/1/2014).

Grebek maulid akan digelar sama seperti tahun sebelumnya yaitu dengan cara mengarak beberapa gunungan. Tapi berbeda dengan gunungan dalam grebek maulid di Yogyakarta yang berbentuk kerucut dan berisi aneka polowijo dan hasil panen warga. “Di Rangkah, yang dipasang dalam gunungan bukan hanya polowijo dan buah-buahan, tapi juga ada sepatu, sandal juga tas kemudian ada juga bermacam snack,” kata Sigit, Ketua RW 06, Rangkah, Tambaksari pada suarasurabaya.net.

Bentuk gunungan grebek maulid di Rangkah juga berbeda dengan di Yogyakarta, tidak berbentuk kerucut lancip, tapi berbentuk aneka hewan mulai gajah, onta, burung. Bahkan beberapa gunungan dibentuk menyerupai masjid, juga beduk.

Sebelum diperebutkan oleh warga, gunungan ini terlebih dahulu akan diarak oleh ribuan warga keliling kampung dengan rute menuju Kenjeran, Tambak Segaran, Rangkah II, serta Kapas Krampung dengan finis di Rangkah Buntu.

“Nanti di Rangkah Buntu gunungan akan diperebutkan,” kata dia. Untuk antisipasi keamanan, personel dari Polrestabes Surabaya juga telah disiagakan. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs