Rabu, 22 Mei 2024

Unjuk Rasa Buruh Hari Ini Lebih Banyak dan Lebih Atraktif

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Aksi jaran kepang di unjuk rasa buruh. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Seakan ingin menetapi janji, ribuan buruh akhirnya kembali datangi Gedung Negara Grahadi, Kamis (20/11/2014), jumlah mereka bahkan lebih banyak dibandingkan unjuk rasa sehari sebelumnya. Setidaknya sekitar lima ribuan buruh saat ini sudah memadati Jl Gubernur Suryo depan Grahadi.

Buruh datang dengan mengendarai belasan bus, ribuan roda dua dan belasan truk bak terbuka.

Pantauan suarasurabaya.net, aksi hari ini juga jauh lebih atraktif dibandingkan sebelumnya. Apalagi, unjuk rasa kali ini juga dimeriahkan dengan aksi jaran kepang yang diperagakan oleh buruh lengkap dengan ornamen dan gamelan.

Tak hanya itu, buruh juga membawa ratusan poster dan spanduk. Bahkan di barisan terdepan mereka memajang belasan buruh yang mengenakan kardus menyerupai robot dengan tulisan “buruh bukan robot, UMK Rp 3 juta”.

Selain menampilkan jaran kepang, massa juga menggelar orasi bergantian. Nuruddin, Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Surabaya mengatakan, kenaikan BBM harus menjadi acuan penetapan UMK 2015.

“Inflasi dampak kenaikan BBM harus masuk. BBM naik semua harga meningkat sehingga tak ada alasan untuk tak memasukkan poin kenaikan BBM,” kata dia.

Sementara itu, hingga berita ini ditayangkan, belum ada satupun perwakilan dari pemerintah provinsi yang menemui perwakilan buruh. (fik/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs