Sabtu, 18 Mei 2024

Upacara Sumpah Pemuda Masih Gunakan Sambutan Roy Suryo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat membacakan sambutan dalam upacara Sumpah Pemuda. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Meski menteri pemuda dan olahraga sudah berganti, tapi pemerintah tetap menggunakan sambutan menteri pemuda dan olahraga lama yaitu era Roy Suryo dalam upacara peringatan hari sumpah pemuda pada Selasa (28/10/2014).

Dalam upacara sumpah pemuda di Gedung Negara Grahadi Surabaya pagi tadi misalnya, Soekarwo Gubernur Jawa Timur yang menjadi inspektur upacara juga masih membacakan sambutan menteri pemuda dan olah raga yang ditandatangani Roy Suryo.

Padahal, saat ini menteri pemuda dan olah raga sudah berganti ke menteri baru yaitu Imam Nahrawi. Dalam sambutan yang berisi lima lembar itu, di akhir sambutan memang masih ada tandatangan dan nama Roy Suryo.

Meski masih ditandatangani Roy Suryo, tapi isi dari sambutan sudah mencerminkan bergantinya pemerintahan. Di dalam sambutan misalnya, terdapat kalimat jika pemuda Indonesia harus mencerminkan sikap revolusi mental, sebuah sikap yang ditunjukkan dengan adanya kemandirian bangsa.

Soekarwo sendiri mengatakan sambutan ini memang dikirimkan langsung dari kementerian. “Tapi siapapun menterinya pemuda Indonesia harus terus berbenah, khususnya untuk menghadapi mayarakat ekonomi ASEAN pada 2015 mendatang,” kata dia.

Sementara itu, dalam upacara tadi, setidaknya diikuti sekitar 500 peserta dari beragam sekolah, perguruan tinggi, serta organisasi kepemudaan mulai dari Ansor, KNPI, pemuda Muhammadiyah serta beberapa organisasi kepemudaan lainnya. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs