Kamis, 2 Mei 2024

Usia 30 Tahun ke Atas Rawan Obesitas

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Jika anda sekarang berusia 30 tahun keatas, hati-hati Anda harus menjaga pola makan dan aktivitas tubuh. Karena kata Dr. Phaidon L. Toruan Trainer Diet dan Kesehatan, di usia itu kita mulai rentan terserang obesitas.

”Orang yang sangat mudah terserang obesitas itu secara fisiologi adalah usia di atas 30 tahun,” kata dia.

Obesitas bisa terjadi ketika hormon-hormon kita mulai turun secara alamiah. Beberapa hormon yang membantu menjaga tubuh kita seperti testosteron mulai berkurang secara bertahap. Pada saat ini biasanya orangnya makannya sama saja tetapi berat badannya sangat mudah bertambah.

Kemapanan dalam pekerjaan dan ekonomi ternyata ikut menyumbang tingkat obesitas kita.” Kemudian di atas usia 30 tahun itu biasanya secara finansial sudah lebih mampan ketimbang usia di bawah 30 tahun. Sehingga secara aktivitas fisik sudah berkurang ketimbang usia yang di bawah 20 tahun. Dalam usia ini lebih punya otoritas untuk membelanjakan uangnya. Sebaliknya, berhubung sudah di atas 30 tahun itu pekerjaan lebih fresh maka dia ingin makan yang lebih enak umumnya,” ujar dia.

Kesibukan pekerjaan yang tinggi justru membuat kita kurang bergerak bahkan malas berolahraga. Secara posisi juga dia sudah mempunyai anak buah jadi banyak pekerjaan fisik yang sudah didelegasikan pada orang-orang yang lebih muda.

“Kemudian karena pekerjaannya sibuk juga, di atas 30 tahun itu memungkinkan seseorang lebih sedikit waktunya untuk berolahraga,” katanya pada Radio Suara Surabaya.

Bertambahnya usia harus dijadikan alarm bagi tubuh kita untuk mendeteksi. Apakah tubuh kita cukup ideal atau sudah mengarah ke obesitas. (gk/dwi/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs