Senin, 20 Mei 2024

Wajah Baru Revitalisasi Pelabuhan Kalimas

Laporan oleh Triono
Bagikan
Pelabuhan Kalimas, Surabaya. Foto: surabaya.panduanwisata.id

Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III sudah memulai proses revitalisasi Pelabuhan Kalimas sejak Juni tahun 2014. Edi Priyanto Kepala Humas PT Pelindo III menyatakan, jika pembangunan sudah selesai, Pelabuhan Kalimas akan mengalami banyak perubahan. Nantinya, akan banyak gedung baru yang akan didirikan.

Pembangunan Pelabuhan Kalimas yang masuk dalam desain Revitalisasi Kalimas di bagian hilir, akan dibagi dalam 3 zona. Zona pertama berdiri atas ruang terbuka hijau (RTH), apartemen, hotel dan perkantoran.

Zona kedua, meliputi tempat rekreasi komersial dan publik serta pusat bisnis dan Zona ketiga, terdiri dari pergudangan dan pelayaran rakyat (Pelra).

“Zona Ruang Terbuka Hijau nantinya akan dikemas di jalur pinggir sungai berupa taman cantik yang juga berfungsi sebagai pedestrian,” kata Edi.

Sedangkan gedung Gapura Surya yang sudah berdiri hingga saat ini, merupakan pengembangan Pelabuhan Kalimas pada zona rekreasi komersial dan publik.

“Disisi lain, pengusaha juga bisa lebih nyaman menjalankan bisnisnya. Mereka bisa melihat langsung proses bongkar muat barang dari kapal, sekaligus menginap di hotel,” ujarnya.

Edi memprediksi, akan banyak bangunan pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 20 lantai dalam pengembangan kawasan tersebut.(berbagai/gk/ono/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
28o
Kurs