Sabtu, 18 Mei 2024

Waktu Istirahat Waktu Makan Siang Sehat Tanpa Ngantuk

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Waktu istirahat kantor menjadi waktu produktivitas untuk makan siang sehat tanpa ngantuk.

Sri Wahyuni Ahli Gizi RSUD dr. Soetomo Surabaya pada Radio Suara Surabaya mengatakan, makan siang bertujuan untuk tenaga agar siap energi baru untuk aktivitas. Karena keterbatasan waktu yang diberikan saat istirahat kantor terkadang ingin yang praktis dan tidak memikirkan gizi.

“Yang penting kenyang, padahal perlu perlu dipikir dampaknya. Apakah makanan makin buat mengantuk atau buat segar. Jadi gizi dan keamanan makanan juga harus dipikirkan karena kalau perut bermasalah malah akan mengganggu,” kata dia.

Kata Sri, gizi dan kalori itu harus dipikirkan karena 250-400 kalori itu tergantung dari berat dan tinggi badan. Dengan syarat jangan melupakan sayur dan buah atau puding sebagai makanan penutup. Makanan penutup ini berfungsi untuk membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

“Makan siang idealnya jam berapa? Idealnya dilihat dari jam makan pagi misalnya 3 jam setelah makan pagi baru snack setelah itu 2 jam kemudian diisi camilan. Karena perut kosong maka akan rawan terkena sakit magh,” ujar dia.

Sri menambahkan, agar makan siang menjadi sehat sebaiknya membawa bekal sendiri agar keamanannya lebih terjamin. Kalau keluar harus dipikirkan lengkapnya nutrisi makanan yang dibeli dan dilihat kebersihan serta jenis makanan yang dijual.

“Atau bisa pesan catering yang diantarkan saat jam makan siang. Menu seimbang juga banyak ditawarkan oleh catering,” tambah dia. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs