Rabu, 27 Mei 2020

Warga Khawatir Banjir Luberan Air Sungai Akibat Jalan Ambrol

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Air sungai Kali Wonokromo yang berada dikawasan Wonorejo, Rungkut, Rabu (8/1/2014) dikhawatirkan akan meluber dan membanjiri pemukiman disekitar akses jalan yang ambrol tersebut.

“Setiap hujan turun deras, warga pasti berjaga-jaga untuk melihat ketinggian air di sungai dekat ruas jalan yang ambrol itu. Warga was-was kalau tiba-tiba karen ahujan deras terus air sungai meluber, pasti masuk dan membanjiri kampung,” kata Sukiman, warga Wonorejo, Rungkut Surabaya.

Sukiman menambahkan, sebelumnya, diruas jalan yang ambrol itu, terdapat jarak yang agak jauh dengan bibir sungai. Tetapi setelah ambrol, menjadikan jarak antara sungai dan jalan menjadi sangat dekat.

“Kalau hujan deras pasti air sungai Wonokromo ini meluap. Dan kalau meluap pasti akan menggenangi pemukiman warga. Ini yang kami kahwatirkan. Kami sudha sampaikan kepada pihak Kecamatan Rungkut,” lanjut Sukiman saat ditemui suarasurabaya.net, Rabu (8/1/2014).

Dikonfirmasi tentang laporan masyarakat terkait ruas jalan yang ambrol itu, Ridwan Mubarun Camat Rungkut membenarkan bahwa pihaknya sudah langsung melakukan koordinasi dengan isntansi terkait, agar pembenahan ruas jalan ambrol itu segera dilakukan.

“Kalau hujan deras memang sangat riskan bagi pemukiman warga tergenang air. Ini yang kami harapkan tidak terjadi. Jarak antara bibir sungai dan jalan sekarang ini semakin dekat,” kata Ridwan Mubarun.

Kepada suarasurabaya.net, Ridwan menunjukkan bahwa kondsi ruas jalan sebelumnya cukup jauh dengan batas sungai. “Sekitar 2 meter mungkin jarak sebelumnya. Sekarang ini, setelah ambrol, jadi tinggal 50cm saja,” cetus Ridwan.

Warga kepada pihak Kecamatan berharap pembenahan dan perbaikan jalan yang ambrol itu segera dapat dikerjakan, agar kekhawatiran warga masyarakat terhadap melubernya air sungai tidak terjadi dan dapat dihindarkan.

Mengingat kawasan Wonorejo, Rungkut Surabaya memang dekat sekali dengan aliran sungai Wonokromo yang mengarah ke laut dan arusnya cukup kuat. Sehingga dikhawatirkan saat hujan deras turun bakal terjadi banjir sebagai dampak ruas jalan yang ambrol itu.(tok/rst)

NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Rabu, 27 Mei 2020
30o
Kurs