Rabu, 24 April 2024

Wartawan Antara Luncurkan Buku tentang Tri Rismaharini

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Buku Tri Rismaharini karya Abdul Hakim wartawan Antara diluncurkan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Saat mendengar kabar bakal mundurnya Tri Rismaharini Walikota Surabaya, sebelum habis masa tugasnya, naluri Abdul Hakim sebagai wartawan kantor berita Antara langsung mencoba menelusuri dan menuliskannya menjadi sebuah berita. Diluar dugaan, sejumlah media lainnya juga ikut menuliskannya usai membaca Antara.

“Waktu itu, staf Walikota Surabaya bertanya-tanya siapa yang pertamakali menulis kabar itu. Saya ditelpon Bu Risma. Beliau marah-marah, sebelum saya sempat menjelaskan. Telpon ditutup. Saya coba telpon kembali tidak bisa. Alhasil saya harus menghadap beliau di kantor,” ujar Abdul Hakim.

Didampingi Sekkota dan staf Walikota Surabaya, Abdul Hakim duduk menunggu Tri Rismaharini tuntas menemui tamunya. “Saya sudah membayangkan bakal dimarahi habis-habisan sama Bu Risma. Ternyata tidak sama sekali. Justru saya mendapat cerita yang sangat banyak, dalam dan luar biasa sekali,” kata Hakim.

Dari cerita yang disampaikan Tri Rismaharini ketika itu, Hakim berpikir keras. Apakah mungkin cerita itu ditulisnya menjadi berita. “Karena sangat luar biasa. Termasuk kaitannya dengan alasan atau reason munculnya kabar bakal mundurnya beliau. Sangat riskan jika ditulis menjadi berita,” kata Hakim yang lahir di Lamongan ini.

Lalu setelah berbicara dan berdikusi dengan beberapa rekannya di Antara, Hakim memutuskan untuk menuliskan cerita dari Tri Rismaharini Walikota Surabaya itu menjadi sebuah buku. “Cetak pertama 2000 eksemplar langsung habis, dan justru terjual di Jakarta,” kata Hakim pada suarasurabaya.net.

Butuh waktu sekurangnya 3 bulan bagi Hakim untuk dapat menuangkan cerita Tri Rismaharini, ditambah dengan sejumlah literasi dari berbagai sumber, terkait kabar bakal mundurnya Walikota Surabaya yang ketika itu belum habis masa tugasnya itu, menjadi sebuah buku.

Sabtu (13/12/2014) bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke 77 tahun Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, di kantor biro Antara Jawa Timur, buku berjudul Tri Rismaharini karya Abdul Hakim diluncurkan.

“Saya malah tidak diberitahu sama penulisnya. Justru saya dengar dari teman-teman di kantor. Lalu saya tanya langsung ke penulisnya. Ternyata benar, Abdul Hakim menulis buku. Dan luar biasanya buku itu tentang Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Sukses buat Abdul Hakim,” kata Ahmad Munir kepala LKBN Antara Jawa Timur.(tok/fik)

Teks foto:
-Saat peluncuran buku Tri Rismaharini bertepatan HUT ke 77 Antara.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs