Sabtu, 20 April 2024

Wikipedia Berjuang untuk Terus Dipercaya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Meski di Inggris orang lebih percaya dengan Wikipedia dibanding media Mainstreem seperti BBC, ternyata Wikipedia juga sedang berjuang untuk dipercaya. Ini karena serbuan akun-akun palsu yang memanipulasi entri-entri untuk ensiklopedia online demi uang dan untuk merusak kredibilitas situs tersebut.

Beberapa waktu lalu, Wikipedia mengumumkan telah memblokir 250 akun palsu, yang sering dibuat pihak tertentu untuk menyunting artikel-artikel yang menguntungkan mereka. Untuk itu Ragib Hasan dari Universitas Alabama di Birmingham dan para koleganya mengembangkan satu “tooll” yang menganalisis bagaimana artikel-artikel ditulis dan ditempatkan kalau mereka disunting oleh orang yang sama.

Salah satu kerja tersulit para editor Wikipedia dalam mengungkap akun-akun palsu itu adalah alamat IP, dan penggunanya hanya bisa diakses oleh sejumlah kecil administrator dengan alasan privasi. Untuk itu para editor mesti menggantungkan diri pada pengalaman mereka sendiri dalam menentukan apakah akun-akun itu benar-benar digunakan untuk orang yang sama.(ant/nr/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs