Sabtu, 18 Mei 2024

Wisata Nan Eksotis di Indonesia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Wisata di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Ada sejumlah obyek wisata di Indonesia yang eksotis dan mengagumkan, di antaranya Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Berikut beberapa tempat wisata yang eksotis di Tanah Air:

1. Green Canyon, Jawa Barat
Green Canyon menyimpan pesona luar biasa. Perpaduan antara sungai, lembah hijau, hutan lindung, dan aneka stalaktit-stalakmit. Keindahan berbalut kesunyian, bagai surga yang tersembunyi. Green Canyon mulai dikembangkan pada tahun 1989.

2. Goa Gong, Jawa Timur
Goa Gong diklaim sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Di dalam gua ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam tonjolan batuan (stalaktit/stalakmit) yang sangat menarik dan proses terjadinya secara alami.

3. Pegunungan Karst Bantimurung, Sulawesi Selatan
Taman Nasional Bantimurung mempunyai pemandangan alam yang paling indah. Karena di taman nasional ini, terdapat sumber air yang tidak pernah kering. Sehingga berbagai jenis tanaman dapat bertahan di saat musim kemarau yang panjang.

4. Carstensz Pyramid, Papua
Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

5. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Sehingga diyakini sebagai pusatnya kekayaan alam bawah laut, yang tidak tertandingi di seluruh dunia. Bahkan bukan cuma itu saja, pemandangan alam perbukitan, panorama pantai dan kekayaan hayatinya juga dapat menyihir siapapun yang berkesempatan kesana. Yang menjadikannya tidak bertentangan dengan julukannya sejak dulu, yaitu “Pulau Surga: atau “Surga yang hilang”.

6. Pulau Moyo – Nusa Tenggara Barat
Pulau Moyo secara admisnistratif berada di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo terletak di utara Pulau Sumbawa. Juga terletak diantara obyek wisata lainnya seperti Gili Matra (Lombok), Pulau Satonda (Bima-Dompu) dan Taman Nasional Komodo. Wisata memancing, snorkling, menyelam dan bersampan tersedia di kawasan ini. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air tejun berundak Mata Jitu yang terdapat di bagian barat pulu Moyo yang dapat diakses melalui Desa Labuan Aji. Juga terdapat wisata Goa, hamparan savanna, penyusuran hutan, pengamatan burung (bird watching) dan berburu dengan mengacu pada undang-undang yang berlaku.

7. Pulau Ora – Maluku Tengah
Pulau Ora terletak di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan pesawat perintas ke Bandar Udara Wahai di Pulau Seram. Setelah itu menyeberang dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) menuju Pelabuhan Amahay dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Pantainya yang eksotis dengan pemandangan alamnya yang indah, membuat banyak wisatawan mengatakan tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. Terumbu karang dan hewan lautnya masih terlihat sangat alami dan masih terawat dengan baik.

8. Pantai Sulamadaha
Siapa yang tidak jatuh cinta dengan air laut jernih di pantai ini? Pantai Sulamadaha yang terletak di Ternate, Maluku Utara ini memang memiliki air laut sangat jernih bagaikan kaca. Walaupun tidak memiliki pasir putih di pantainya, tapi kamu akan dibuat takjub oleh kejernihan air laut dan ikan-ikan cantik yang berenang di dalamnya. Untuk menuju pantai cantik ini, kamu setidaknya membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan dari pusat Kota Ternate.

9. Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar dan dihiasi dengan patung Pandawa lima di bagian dinding tebing karst. Patung Pandawa dari cerita Mahabarata tersebut mencakup Yudhistira / Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs