Sabtu, 27 April 2024
Dua Balita Turut Terjebak di Dalam

11 Pengunjung Siola Terjebak di Lift Selama 40 Menit

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gedung Siola di jalan Tunjungan Surabaya. Foto: Doc. suarasurabaya.net

Sebanyak 11 orang pengunjung Siola lama yang kini telah difungsikan sebagai Museum Kota Surabaya terjebak selama 40 menit di dalam lift bangunan cagar budaya tersebut, Minggu (24/5/2015).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelas orang pengunjung hendak naik ke lantai atas gedung Siola. Mereka menggunakan lift yang berada di bagian paling belakang gedung yang sedang direnovasi itu. Tepatnya di sebelah timur gedung setelah lokasi Museum Kota Surabaya. Belum sampai tujuan, lift tiba-tiba macet di tengah jalan.

Arie Bekti Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebakaran Surabaya mengatakan, lift berhenti antara lantai tiga dengan lantai empat bangunan. Mereka sempat terjebak di dalam lift selama 40 menit hingga akhirnya berhasil dievakuasi keluar lift.

“Sepertinya mereka mau ada kegiatan persiapan di gedung itu, sekitar lantai 4 dan lantai 3 lift berhenti,” ujar Arie Bekti kepada Radio Suara Surabaya, Minggu sore.

Sebanyak 11 orang yang terjebak dalam lift tersebut, kata Arie, terdiri dari dua balita satu berusia tiga tahun dan satu lagi berusia tujuh bulan, tiga orang wanita dan enam orang laki-laki.

Evakuasi dilakukan, kata Arie, setelah informasi tentang kabar terjebaknya pengunjung di dalam lift tersiar di Radio Suara Surabaya dan didengar oleh beberapa petugas yang sedang melakukan persiapan Festival Kuliner Tunjungan yang berlangsung sore ini.

“Kami terpaksa membuka plafon lift dan mengevakuasi pengunjung itu ke lantai empat. Proses evakuasi kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit-an,” kata Arie.

Pihak yang melakukan evakuasi antara lain 2 orang petugas Siola, Linmas 3 orang, PMK 3 orang, dan beberapa orang Satpol-PP serta beberapa petugas dari PMI dan Dinas Kesehatan yang kebetulan bertugas selama berlangsungnya Festival Kuliner Tunjungan.

Kini para pengunjung telah mendapatkan pertolongan dari pihak Dinas Kesehatan. Arie menyebutkan, balita berusia tujuh bulan yang juga terjebak di dalam lift harus dirawat beberapa waktu di dalam ambulans karena udara yang menipis di dalam lift. (den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs