Senin, 29 April 2024

12 Anggota Penyelundup Manusia Ditangkap di Austria

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Dua belas anggota komplotan penyelundup manusia, yang kebanyakan korbannya adalah orang Suriah dan Afghanistan, telah ditangkap sementara perintah penangkapan internasional dikenakan terhadap lima orang lainnya, kata polisi Austria, Kamis.

Komplotan itu telah menyelundupkan sekitar 1.800 orang dari ibu kota Serbia, Belgrade, melalui Hongaria menuju Austria antara Februari hingga September.

Kebanyakan korban adalah pria, perempuan dan anak-anak yang berasal dari Suriah dan Afghanistan, kata Franz Prucher, kepala polisi di Provinsi Lower, Austria, dalam jumpa pers seperti dilansir Antara.

“Ini bisa dibilang salah satu keberhasilan kami,” kata Prucher dengan menambahkan bahwa seluruh tersangka yang tertangkap berkebangsaan Serbia, kebanyakan sudah tinggal lama di Austria.

“Komplotannya tertata rapi, mereka menyewa apartemen di Wina sehingga punya tempat istirahat di antara perjalanan dan mereka beriringan dengan ada pendahulunya yang memastikan saat tidak ada pemeriksaan.”

Sepuluh pria dan seorang perempuan ditangkap di Austria dan seorang pria lain ditangkap di Yunani, kata pihak berwenang.

Pada Agustus, penemuan 71 mayat pengungsi di dalam truk yang ditinggalkan di jalan raya Austria mengejutkan dan menimbulkan kemarahan atas ulah para komplotan penyelundup, yang memanfaatkan pengungsi guna mengeruk keuntungan dengan menyelundupkan orang ke negara-negara Barat di Eropa.

Selama berbulan-bulan, Hongaria menjadi tempat persinggahan utama bagi migran yang baru tiba, hampir 400.000 orang yang menyeberang ke negeri itu dalam tahun ini.

Menurut polisi, komplotan itu telah beroperasi sejak Februari dan polisi telah menyita enam kendaraan serta uang 50.000 euro. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs