Sabtu, 25 Mei 2024

12 Hotspot Titik Panas Terpantau di Jawa Timur

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur petakan 12 titik hotspot panas terpantau dan rawan menimbulkan kebakaran di hutan-hutan yang ada di Jawa Timur.

“Hari ini terpantau ada 12 titik yang tersebar di delapan kabupaten,” kata Sudharmawan, Kepala BPBD Jawa Timur, Kamis (29/10/2015).

Menurut dia, 12 titik tersebut yaitu di Banyuwangi ada tiga titik yaitu kawasan Kalibaru, Tegaldlimo, dan Wongsorejo. Selain itu juga di Kabupaten Malang ada di tiga titik yaitu Ampelgading, Bulu Lawang, dan Gondang.

Di Kabupaten Jember, titik hospot panas juga terpantau di Wayangan; lantas Pronojiwo, Lumajang; Prigren, Pasuruan; Krucil, Probolinggo; Jangkar, Situbondo; dan di kawasan Bandar, Trenggalek.

Menurut Sudharmawan, 12 titik ini terpantau satelit milik BMKG karena ada kenaikan suhu lebih dari 42 derajat celcius.

Panas di 12 titik ini, kata dia, tidak hanya adanya kebakaran hutan melainkan juga terpantau dari aktivitas panas bumi yang ada di kawasan itu.

“Kita tetap waspada dan minta kabupaten terus mengantisipasi agar tak sampai terjadi kebakaran hutan,” ujarnya. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs