Jumat, 17 Mei 2024

13 Mahasiswa Unitomo Peroleh Dana Hibah Wira Usaha Pemula

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Zaenal Arifin satu di antara mahasiswa peraih hibah dana. Foto: Unitomo for suarasurabaya.net

13 mahasiswa Universitas Dr. Sutomo (Unitomo) Surabaya, Jumat (30/1/2015) menerima hibah bantuan dana wira usaha pemula dari Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, berdasarkan proposal usaha yang diajukan oleh masing-masing mahasiswa.

Saat dilakukan pemaparan atau presentasi 13 proposal bisnis yang juga dihadiri Bahrul Amiq Rektor Unitomo terdapat beberapa jenis bisnis unik dan kreatif. Di antaranya seperti usaha penggemukan domba, sosis ikan tenggiri, tas boncengan balita dan sablon kreatif. Sebagian besar dari usaha mahasiswa ini telah dijalankan dengan baik.

Usaha sablon kreatif misalnya yang digeluti Zaenal Arifin, telah memberikan keuntungan dan sudah merambah di wilayah Kalimantan. “Alhamdulillah kemarin saya mendapatkan order beberapa kaos dan jaket dari Kalimantan. Ini membuktikan konsumen sudah percaya dengan produk saya. Mudah-mudahan bisnis saya bisa semakin berkembang,” ujar Zaenal Arifin mahasiswa Manajemen semester 3 ini.

Menurut Dr. Ir. Suyanto, MM Ketua Pusdiklat Litbang Kewirausahaan Unitomo mengatakan perkembangan proposal yang disetujui oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI mengalami peningkatan. “Hal ini tidak lepas dari komitmen kami untuk terus memberikan motivasi dan pelatihan kepada para mahasiswa yang berminat menjadi entrepreneur,” ujar Suyanto.

Sekadar informasi ke 13 proposal bisnis karya para Mahasiswa Unitomo Surabaya, tersebut telah direview oleh Tim Dinas Koperasi & UKM dengan predikat sangat layak karena dinilai usahanya sangat produktif dan mempunyai prospek yang bagus di masa yang akan datang.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs