Sabtu, 20 April 2024

15 Ribu Anak Yatim Dapat Beasiswa

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Dalam rangka peringatan bulan Muharam, Yatim Mandiri, sebuah yayasan peduli anak yatim, berikan bea siswa bagi 15.352 anak yatim berprestasi di seluruh Indonesia, termasuk di Surabaya.

“Total beasiswa yang kita berikan ada Rp4 miliar lebih,” kata Sumarno, Pengurus Yatim Mandiri Surabaya, di sela-sela pemberian beasiswa, Sabtu (24/10/2015). Selain beasiswa, Yatim Mandiri juga berikan alat tulis sekolah bagi 15 ribu anak yatim dengan anggaran sebesar Rp1 miliar lebih.

“Program ini kita berikan setahun dua kali yaitu untuk anak semester I dan II,” kata dia. Untuk membantu anak yatim, berbagai pelatihan juga dilakukan khususnya bagi mereka yang telah lulus sekolah.

Sementara itu, Fatma Saifullah Yusuf, istri Wakil Gubernur Jawa Timur mengapresiasi kegiatan ini. Untuk membantu anak yatim, Pemerintah Jawa Timur juga terus melakukan berbagai kegiatan diantaranya dengan memberikan tabungan bagi 16 ribu anak terlantas dan 165 ribu anak jalanan. “Mereka diberikan tabungan masing-masing Rp1 juta,” kata Fatma.

Kepedulan bagi anak yatim, kata dia, saat ini memang mulai tumbuh di tengah masyarakat. Berbagai organisasi yang konsisten membantu anak yatim saat ini juga telah banyak.

Menurut dia, organisasi peduli anak yatim harus lebih didorong agar tak hanya fokus pada penyantunan melainkan juga bagaimana organisasi tersebut bisa lebih peduli dan giat dalam melakukan pelatihan dan pedampingan bagi anak yatim sehingga mereka bisa lebih mandiri. (fik)

Teks Foto :
Fatma Saifullah Yusuf, istri Wakil Gubernur Jawa Timur ketika melatih memasak anak yatim.
Foto : Humas Pemprov Jatim

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs