Selasa, 21 Mei 2024

AKBP Arnapi Resmi Jabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
AKBP Arnapi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (kanan) beserta istri, AKBP Aries Syahbudin (kiri) beserta istri saat acara penyambutan Kapolres baru. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Roda mutasi di jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali bergulir. Setelah hampir dua puluh bulan AKBP Aries Syahbudin menjabat Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (9/1/2015) secara resmi jabatan tersebut diserahterimakan kepada AKBP Arnapi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Jatim.

AKBP Aries Syahbudin sendiri diberi tanggung jawab untuk menjadi Kapolres Lumajang. Upacara penyambutan Kapolres baru dilakukan di halaman Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dengan pedang pora yang diikuti penghormatan oleh seluruh anggota.

Usai acara penyambutan AKBP Aries menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota Polres dan jajaran, karena telah turut membantu dalam melaksanakan kebijakan pimpinan, terutama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Pejabat baru, kata dia, akan mengevaluasi operasional yang selama ini dilakukan. Jika ada hal-hal yang perlu ditingkatkan, maka akan ditingkatkan, dan beberapa program yang dirasa masih perlu untuk dilanjutkan, tentu akan dilanjutkan.

“Yang jelas operasional yang sudah saya lakukan selama ini akan dievaluasi terlebih dulu oleh pejabat yang baru. Mungkin ada hal-hal yang baik nantinya bisa diteruskan, atau jika perlu ditingkatkan makan akan ditingkatkan,” kata AKBP Aries Syahbudin kepada wartawan, Jumat (9/1/2015).

Dia juga mengatakan, sejauh ini masih ada beberapa kasus yang belum terselesaikan, dan tentunya akan dilanjutkan oleh Kapolres yang baru. Kasus yang belum selesai misalnya, proses eksekusi di Jl Tanjungsari, dan ada beberapa konflik masyarakat terkait pembangunan tower yang belum bisa dituntaskan.

“Masalah pembangunan tower ini harus melibatkan instansi samping untuk menyelesaikanya. Sehingga pejabat baru nantinya pasti akan melanjutknnya,” ujarnya.

Sementara itu, AKBP Arnapi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan, pihaknya akan melanjutkan program yang telah berjalan selama ini. Selanjutnya akan fokus terhadap maslah keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan masalah kemacetan lalulintas.

“Saya akan fokus pada Kamtibmas. Dan di Perak ini seperti kita ketahui masih ada beberapa titik yang rawan macet, saya akan fokus juga terhadap hal tersebut,” kata AKBP Arnapi.

Sekadar diketahui, sesuai dengan TR Kapolri No : ST/2502/XIII/2014 tgl 16 Des 2014, berikut Kapolres jajaran Polda Jatim yang mengalami mutasi:

1. AKBP Aries Syahbudin Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menjadi Kapolres Lumajang, digantikan AKBP Arnapi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Jatim.
2. AKBP Nanang Chadarusman kapolres Pamekasan menjadi Kabag Binkar ro SDM Polda Jatim, digantikan AKBP Sugeng Muntaha yang sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan muda bidang Wapres ro SDM Polda Jatim.
3. AKBP Indarto Kapolres Blitar menjadi Wadirkrimsus polda Sumsel, digantikan AKBP Muji Ediyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mojokerto.
4. AKBP Budhi Herdi Susanto Kapolres Kediri kota menjadi Kapolres Mojokerto, digantikan AKBP Bambang Widjanarko yang sebelumnya pamen Polda Metro Jaya.
5. AKBP Wiji Suwartini Kapolres Mojokerto kota menjadi Waka Pusdik Gasum Lemdikpol, digantikan AKBP Bambang Widiyatmoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagops Polrestabes Surabaya.
6. AKBP Ucu Kuspriadi Kapolres Tuban menjadi Kasubaganevdalpro bag Anev Rojianstra SSDM Polri, digantikan AKBP Guruh Arif Darmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Donggala, Sulawesi Tengah.
7. AKBP Totok Suharyanto Kapolres Malang kota menjadi Wadirkrimsus Polda DIY, digantikan AKBP Singgamata sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Lumajang.
8. AKBP Solehan Kapolres Lamongan menjadi Kabagbinlatops Roops Polda Jatim, digantikan AKBP Trisno Rahmadi sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Palu Polda Sulteng.
9. AKBP Marjoko Kapolres Sumenep menjadi Kabagstrajemen Rorena Polda Jatim, digantikan AKBP Rendra Radita Dewayana yang sebelumnya menjabat sebagai Kadensis PPSS Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol. (wak/ipg)

Teks Foto:
– AKBP Arnapi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat tiba di Mapolres setempat.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
29o
Kurs