Jumat, 10 Mei 2024

Ada Kontrol Perbatasan, Seribu Imigran Tiba di Bavaria

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
foto : getty

Sekitar 1.000 imigran tiba di Jerman selatan dari Austria, pada Selasa (15/9/2015) meski ada keputusan yang mengejutkan yakni menerapkan kembali kontrol perbatasan, kata polisi federal Jerman.

Menurut AFP, ratusan pengungsi dan imigran masih melintasi perbatasan, meskipun jumlah mereka berkurang dibandingkan sebelum adanya pengumuman kebijakan “U-turn” yang dikeluarkan Berlin

“Departemen Kepolisian Federal Rosenheim telah mencatat sekitar 1.000 orang tiba sejak tengah malam,” kata Juru Bicara Polisi Rainer Scharf kepada AFP.

Jerman mengaku kewalahan mengatasi gelombang pengungsi.

Sekitar 63 ribu imigran telah datang dengan kereta api ke stasiun utama di Munich sejak 31 Agustus lalu, termasuk kedatangan 20 ribu lebih imigran dalam dua pekan terakhir.

Scharf menegaskan bahwa sebagian besar imigran datang dari Timur Tengah melalui Turki, Yunani, negara-negara Balkan, Hungaria, dan Austria sebelum tiba di Jerman.

“Sampai saat ini semua orang sedang singgah ke Munich,” kata Scharf.

“Saat ini kami sedang melakukan semacam pra-pendaftaran, mencatat nama-nama imigran dan sebagainya. Kemudian mereka dapat dibawa dengan memakai bus dan didistribusikan di seluruh Jerman,” katanya seperti dilansir Antara.

Kanselir Angela Merkel juru bicara mengatakan, Jerman tidak menutup pintu untuk pengungsi tetapi ia berpendapat terdapat langkah-langkah baru yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban untuk proses suaka. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
30o
Kurs