Senin, 6 Mei 2024

Aktifitas Gunung Barujari Makin Meningkat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Gunung Barujari. Foto: Kaskus

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, hingga saat ini aktivitas Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, di Pulau Lombok sangat aktif dan erupsi terus menerus.

“Berdasarkan laporan PVMBG pada Senin (9/11/2015) pengamatan visual cuaca mendung, angin sedang dari barat, dan gunung tertutup kabut. Suhu udara mencapai 28 Celcius, dengan kelembaban 85 persen. Dari kegempaan tremor menerus amax: 1-26 mm dominan 8 mm, lama gempa 143 detik,” ujar Sutopo dalam pesan tertulisnya, Senin (9/11/2015).

Dia mengatakan, aktifitas gunung sangat aktif, dan letusan terus menerus. Aliran lava sudah mencapai 1 km dari arah timur Gunung Barujari hampir ke permukaan mulut Sungai Koko Putih sehingga terjadi peningkatan luapan air dan peningkatan suhu air yang sebelumnya berkisar 21 derajat Celcius saat ini meningkat menjadi 36-39 derajat Celcius. Apabila air melimpah akan berpotensi banjir di sepanjang Sungai Koko Putih.

Kata Sutopo, letusan material pijar mencapai 750 m dengan ketinggian asap mencapai 2.500 m lebih dari puncak Gunung Barujari atau 5.000 m dari permukaan laut. Kondisi erupsi saat ini jauh lebih besar dibanding tahun 2004 dan 2009 .

Untuk itu masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Koko Putih agar menjauh dan tidak melakukan aktifitas apapun. BPBD Provinsi NTB telah mengkoordinir BPBD Kabupaten/Kota se- Pulau Lombok dan mendirikan 13 Posko Evakuasi/Pengungsian di desa tergolong ring 1 atau jarak dari kawah radius 10 km seputaran Gunung Rinjani. BPBD NTB juga sudah mempersiapkan kondisi terburuk dengan berkoordinasi dengan TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, PMI, PVMBG dan unsur lainnya.

“Hujan abu menyebar ke arah Barat, Barat Daya dan Selatan tergantung arah angin. Bandara juga menyesuaikan dengan kondisi sebaran abu vulkanik,” paparnya.

Jumlah masyarakat terdampak abu vulkanik gunung.Barujari, menurut Sutopo, mencapai 248.148 jiwa dari lima Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. Hingga saat ini belum perlu adanya pengungsian akibat aktifitas gunung Barujari yang meningkat ini.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs