Senin, 29 April 2024

Aktivitas Vulkanik Gunung Lokon Meningkat Lagi

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Gunung Lokon saat mengelurkan semburan abu vulkanik (9/9/2014) lalu. Foto : Antara

Aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, kembali meningkat sejak Jumat (6/3) lalu.

“Frekuensi kegempaan vulkaniknya fluktuatif setiap enam jam. Ada kalanya 16 kali gempa atau 14 kali. Kalau ditotalkan dalam sehari di atas 40 kali gempa vulkanik dalam dan dangkal,” kata Farid Ruskanda Bina Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung di Minggu (8/3/2015).

Farid mengatakan pada pertengahan Februari lalu sempat terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, namun beberapa hari kemudian frekuensi kegempaan kembali menurun.

Aktivitasnya kembali naik signifikan hingga di atas 10 kali dalam 24 jam dari ambang normal tiga sampai lima kali gempa per hari.

Meskipun terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, namun kata dia, status Gunung Lokon masih siaga pada level III dengan radius bahaya sejauh 2,5 kilometer dari kawah. “Informasi ini kami sudah sampaikan ke pemerintah kota, dan mudah-mudahan segera ditindakklanjuti sehingga warga diberikan pemahaman tidak melakukan aktivitas di radius bahaya, termasuk pendakian,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan frekuensi kegempaan yang fluktuatif seperti ini, menurunkan status ke level yang lebih aman kecil peluangnya, meskipun pada beberapa waktu lalu aktivitasnya menurun.

“Intinya kami terus melakukan evaluasi terhadap kegempaan yang terjadi. Frekuensi kegempaan setiap enam jam kami sampaikan ke PVMBG Bandung. Mereka nantinya yang akan memutuskan apakah status Gunung Lokon layak diturunkankan atau tidak,” ujarnya.

Pascaletusan pada September tahun lalu, terbentuk beberapa kawah-kawah baru berdiameter variatif di rekahan sepanjang 200 meter ke arah barat kawah. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs