Selasa, 14 Mei 2024

Amankan Libur Panjang, 1200 Personel Pemkot Surabaya Bersiaga

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Nurwiyatno PJ Wali Kota Surabaya dan Soemarno Kepala Bakesbanglinmas Kota Surabaya meninjau kendaraan milik petugas Linmas terkait persiapan jelang libur panjang, di Taman Surya, Selasa (22/12/2015). Foto: Istimewa

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan 1200 personel untuk mengamankan libur panjang akhir tahun 2015. Ribuan personel itu terdiri dari Petugas Linmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, petugas PMI, dan petugas kecamatan.

Tujuan pengamanan ini, kata Nurwiyatno Penjabat (PJ) Wali Kota Surabaya, untuk menjaga agar libur panjang yang terdiri dari libur sekolah, libur Maulid Nabi Muhammad SAW, serta libur Natal dan Tahun Baru tetap kondusif.

“Ya, untuk melihat sejauh mana kesiapan pengamanan antisipasi libur panjang. Kami juga akan berkoordinasi dengan TNI dan kepolisian untuk menimalkan hal-hal yang mengancam keamanan kota Surabaya,” ujarnya dalam Apel Pengamanan Jelang Libur Panjang di Taman Surya, Selasa (23/12/2015) pagi.

Sebanyak 470 personel SKPD disiagakan dalam apel yang juga dihadiri jajaran Polrestabes Surabaya, PD Pasar, dan PDAM Surya Sembada itu.

Tidak hanya personel, apel pengamanan jelang libur panjang itu juga melibatkan kendaraan operasional seperti mobil pemadam kebakaran, mobil PMI, sepeda motor patroli Dishub dan sepeda motor Linmas.

Nurwiyatno PJ Wali Kota Surabaya sempat mencoba salah satu sepeda motor patroli jenis trail Kawasaki milik Satlinmas Surabaya.

PJ Wali Kota mengimbau agar para personel melakukan pemantauan terhadap rumah tinggal yang ditinggal penghuninya, memantau perkantoran, juga tempat-tempat strategis.

“Saya harap ada penjagaan giliran yang dilakukan berkala. Itu tugas kita,” kata Nurwiyatno.

Sementara, Soemarno Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya mengatakan, tugas personel kali ini lebih kompleks dibanding tahun sebelumnya.

Sebab, libur hari besar akhir tahun ini jatuh pada hari Kamis, Jumat dan bertepatan dengan libur sekolah 21 Desember 2015 hingga 3 januari 2016. Terutama karena pada libur panjang ini bertepatan pergantian musim penghujan.

“Jadi petugas tidak hanya mengamankan situasi, tetapi juga bersiaga untuk menghadapi bencana,” kata Soemarno usai apel.

Dalam hal pengamanan rumah kosong, Soemarno mengklaim sudah menyampaikan surat imbauan jauh hari sebelum libur.

Dalam surat itu, Soemarno meminta warga yang meninggalkan rumahnya tetap menghidupkan pengamanan pam swakarsa di tempat tinggal.

“Kalau ada warga yang ingin bepergian selama beberapa hari, tolong melapor ke pengurus RT/RW, atau petugas pengamanan setempat untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan,” katanya mengimbau warga.

Waspadai Bencana

Selain itu, dalam hal siaga bencana, Soemarno berkata, satuan pelaksana penanggulangan bencana (Satlak PB) Kota Surabaya, baik dari segi personel maupun peralatan, sudah siap.

Dia pun meminta warga Surabaya mewaspadai hujan lebat yang disertai angin kencang.

“Jangan berteduh di bawah pohon maupun di bawah reklame. Cari tempat teduh yang betul-betul aman,” ujarnya.

Satlak PB, kata Soemarno siaga selama 24 jam bilamana terjadi kondisi darurat terhadap warga yang membutuhkan bantuan.

Warga bisa menyampaikan langsung melalui kantor pemerintah di jajaran kelurahan, kecamatan hingga dinas pemerintah.

Soemarno juga mengatakan, warga bisa mengubungi langaung melalui nomor Satlak PB 112, atau ke (031) 5351314.

Sementara, Chandra Oratmangun Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya mengimbau warga untuk mewaspadai kebakaran.

Meski rasio kebakaran menurun ketika musim hujan, kebakaran bisa terjadi tanpa melihat musim kemarau atau musim hujan.

Di musim hujan, kebakaran seringkali terjadi akibat konsleting listrik.

“Untuk warga yang akan meninggalkan rumah selama beberapa hari, pastikan stop kontak maupun instalansi listrik dimatikan. Selang gas elpiji juga dicabut,” ujar Chandra Oratmangun.

Dinas Kebakaran, kata Chandra, akan menyiagakan mobil pemadam kebakaran di beberapa titik di Surabata. Selain di UPTD juga ada di Taman Surya, Taman Bungkul, kawasan Kenjeran dan juga sekitar Tugu Pahlawan.(den/tok)

Teks Foto:
– Nurwiyatno PJ Wali Kota Surabaya menjajal salah satu motor milik Satlinmas Surabaya
Foto: Istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs