Kamis, 2 Mei 2024

Anak-anak Berhak Menikmati Musik Sesuai Usianya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ashira saat hadir di SD Hang Tuah VII Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Anak-anak berhak menikmati musik sesuai dengan usianya. Karena musik, konon memberikan kebebasan berekspresi bagi pendengarnya. Oleh karena itu, untuk anak-anak dibutuhkan musik yang memang sesuai dengan dunianya sendiri bagi perkembangan jiwanya.

Menyadari betapa musik punya peran penting bagi anak-anak sesuai dengan usianya, Ashira hadir dan mengajak anak-anak siswa SD Hang Tuah VII Surabaya, Sabtu (24/1/2015) dengan bernyanyi dan bergembira bersama memainkan komposisi-komposisi anak-anak.

“Justru kami ingin mengajak siswa kami untuk dapat mengenali dan bisa menikmati komposisi-komposisi anak-anak sesuai dengan usia mereka. Saat ini sudah jarang terdengar anak-anak yang mendendangkan lagu-lagu yang memang lagu anak-anak,” ujar Suprapto kepala SD Hang Tuah VII Surabaya.

Pada Sabtu (24/1/2015) pagi, siswa SD Hang Tuah VII Surabaya berkumpul di lapangan upacara, bersama sejumlah pengajar serta guru sekolah untuk bergembira bersama menyanyikan lagu-lagu anak-anak yang bisa jadi tidak pernah mereka dengar sebelumnya.

“Ternyata kalau dinyanyikan lengkap pakai alat-alat musik seperti yang dimainkan kakak-kakak ini enak juga ya. Biasanya tidak pakai alat musik, nyanyi biasa,” ujar Vinda siswa kelas 6 yang mencoba ikut menyanyikan lagu Disini Senang Disana Senang bersama dengan personel Ashira.

Sementara itu, Felicia personel Ashira menegaskan bahwa komposisi dan lagu anak-anak Indonesia sebebarnya cukup banyak. “Yang modern termasuk yang tradisional memag cukup banyak. Sayangnya hingga saat ini, sudah jarang yang memainkan dan menyanyikannya,” ujar Felicia pada suarasurabaya.net.

Oleh karena itu, lanjut Felicia, bersama dengan kawan-kawannya di Ashira, sepakat untuk terus memilih serta memainkan komposisi-komposisi anak-anak tradisional maupun modern. “Karena sejatinya anak-anak berhak atas musik yang mereka dengar sesuai usianya. Itu penting bagi perkembangan jiwa mereka,” pungkas Felicia.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs