Minggu, 12 Mei 2024

Anggaran Capai Rp200 Juta, Website Revolusi Mental Hanya Bertahan 4 Hari

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Sugi Hariatno Sekretaris Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan, pagu anggaran yang tercantum pada APBN untuk website revolusimental.go.id sebesar Rp200 juta.

Anggaran itu sudah termasuk biaya pembuatan, pengoperasian dan perawatan selama satu tahun. Dia kaget tiba-tiba muncul angka sampai ratusan miliar rupiah.

Pengelola situs yang mampu bertahan sekitar 4 hari ini tidak tahu dari mana sumbernya. Sehingga ada yang menyebut anggaran untuk mensosialisasikan gagasan Jokowi Presiden melalui situs revolusi mental mencapai Rp140 miliar.

Kepada wartawan yang menemuinya di kantor Menko PMK jalan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (28/8/2015) Sugi mencurigai ada yang tidak suka dengan website revolusi mental.

Ketidaksukaan itu antara lain dengan munculnya isu website yang dikatakan ecek-ecek itu telah menghabiskan dana sebesar Rp140 miliar.

Sugi juga mencurigai ada yang usil dengan wibsite revolusi mental ini. Sehingga hanya mampu berumur 4 hari setelah itu publik tidak bisa mengaksesnya lagi.

Website revolusimental.go.id diluncurkan Puan Maharani Menko PMK.

Seketika itu langsung mendapat kritikan cukup tajam dari media sosial menyangkut anggaran yang dinilai tidak masuk akal mencapai Rp140 miliar.

“Faktanya tidak seperti itu, dana seluruhnya hanya mencapai Rp200 juta,” kata Sekretaris Menko PMK. Sekarang tim lagi mengevaluasi dan mempelajari berbagai kritik yang dilontarkan masyarakat.

Minggu depan situs revolusi mental sudah bisa berinteraksi lagi dengan publik setelah dilakukan pembenahan seperti saran para pakar. .

Roy Surya pakar IT melalui pesan singkatnya menyayangkan situs yang membawa nama negara ini dibuat secara sembrono. Apalagi ada kaitannya dengan program Presiden tentang revolusi mental.

Seharusnya dipelajari dulu secara mendalam sebelum dilaunching. Meskipun tujuannya baik tapi penanganannya tidak profesional sehingga mudah dibobol orang. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
30o
Kurs