Jumat, 17 Mei 2024
Penghapusan Loket Tiket Pesawat di Bandara

Angkasa Pura I Segera Kumpulkan Pihak Maskapai

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Menindaklanjuti instruksi Kementerian Perhubungan untuk meniadakan loket tiket pesawat di Bandara, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda segera mengumpulkan semua managemant maskapai yang ada di Bandara Internasional Juanda.

Trikora Harjo General Manager PT Angkasa Pura I Juanda mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama semua pihak seperti managemant maskapai dan Otoritas Bandar Udara Wilayah III selaku regulator di lapangan.

Rapat koordinasi ini dilakukan untuk menentukan waktu yang tepat, pemberlakuan kebijakan peniadaan loket tiket pesawat di Bandara. Sehingga tidak ada kendala yang dihadapi di lapangan saat kebijakan itu diberlakukan.

“Kami sebagai pengelola Bandara wajib untuk melakukan instruksi tersebut. Tapi ini kan juga sangat berkaiatan dengan pihak operator penerbangan, jadi ini perlu dikoordinasikan terlebih dulu,” kata Trikora kepada suarasurabaya.net, Rabu (11/2/2015).

Dia menambahkan, sejauh ini pemberitahuan secara resmi kepada pihak maskapai memang belum dilakukan. Sosialisasi tentang kapan mulai diberlakukannya penghapusan loket tiket pesawat di Bandara akan disampaikan bersamaan dengan rapat koordinasi dilakukan.

Trikora mengaku, sebelum memberlakukan penghapusan loket tiket pesawat di Bandara Juanda, pihaknya harus mengakomodir kesulitan-kesulitan apa yang akan dihadapi pihak maskapai ketika kebijakan itu dilaksanakan. Termasuk persiapan-persiapan apa yang harus dilakukan pihak maskapai dan butuh waktu berapa lama untuk mempersiapkan hal itu.

“Ini sebagai antisipasi, pada saatnya nanti dilakukan, tidak ada kendala di lapangan,” ujarnya.

Sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan, kata dia, kebijakan ini untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan, berkaitan adanya calo. Dengan cara ini keberadaan calo diyakini bisa teratasi.

Trikora menjelaskan, pihak Kementerian Perhubungan memberikan waktu tiga bulan mulai dari 31 Desember 2014 kepada pihak pengelola Bandara untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

Sekadar diketahui, di Bandara Juanda terdapat delapan maskapai penerbangan yang membuka counter sales di Terminal 1 seperti Wing Air, Lion Air, Trigana, Batik, Sriwijaya, Kalstar, Citilink, dan Garuda. Sementara di Terminal 2, terdapat tiga maskapai penerbangan yaitu Lion Air, Garuda dan Air Asia. (wak/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs