Sabtu, 18 Mei 2024

Awal Puasa, Kriminalitas di Kota Surabaya Meningkat Tajam

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Pada minggu ketiga bulan Juni atau memasuki awal puasa, kriminalitas di Kota Surabaya mengalami peningkatan secara signifikan. Berdasarkan laporan pendengar yang disampaikan melalui Radio Suara Surabaya (SS) dan diolah Divisi Research and Development SS Media, setidaknya 91 kasus telah dilaporkan mulai 1 Juni hingga 20 Juni 2015.

Jenis kasus kriminalitas yang dilaporkan adalah bunuh diri, penjambretan, pecah kaca atau buka pintu mobil, pencurian mobil, pencurian motor, pencurian truk dan perampasan dengan menggunakan senjata tajam.

Kasus kriminalitas yang paling banyak dilaporkan pendengar adalah kasus pencurian sepeda motor dan penjambretan. Pada minggu pertama, kasus pencurian sepeda motor dilaporkan sebanyak 15 kasus; pada minggu kedua 18 kasus; dan pada minggu ketiga meningkat tajam hingga 24 kasus.

Sementara, pada minggu pertama kasus penjambretan dilaporkan sejumlah 4 kasus; pada minggu kedua 2 kasus; dan pada minggu ketiga ada 5 kasus.

sumber : Research and Development SS Media

Waktu kejadian pencurian motor terpantau bervariasi. Pada minggu pertama dan kedua, pencurian sepeda motor paling banyak pada malam hari antara pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Sedangkan pada mingu ketiga, ada perubahan menjadi marak terjadi pada sore hari antara pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Lokasi pencurian yang dilaporkan pendengar berada di Gunung Anyar, Mulyorejo Tengah, Manukan, Sawentar, Pasar Kembang, Tambak Wedi, Diponegoro, Wonocolo, Pakis Tirtosari, Tempel Sukorejo, Pucang Jajar, Lebak Rejo, Kedung Tarukan, Pucang Adi, Tuwowo, Kedung Baruk, Citarum, Setro Baru, Petemon Sidomulyo, Tandes Kidul, Petemon, Darmo Barat, Margorejo, Klakah Rejo, Ketintang, Dukuh Pakis, Kertajaya, Medayu Utara, Kenjeran dan Semampir.

Lokasi hilangnya sepeda motor juga dilaporkan di kampus B Universitas Airlangga, beberapa minimarket Indomaret dan Universitas Negeri Surabaya.

Jenis sepeda motor yang paling sering dicuri adalah Honda Vario 21 buah, Honda Beat 16 buah dan Yamaha Vixion 10 buah.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs