Kamis, 16 Mei 2024

BPPT Siapkan Alat Pemanggil Sinyal Black Box

Laporan oleh Triono
Bagikan

Ridwan Djamaluddin Deputi Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan alat pemanggil sinyal kotak hitam atau black box pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata.

“Kami sudah menyiapkan Pinger Locater. Kami masih menunggu kabar dari tim di KR Baruna Jaya I yang sudah berada di laut untuk mengirimkan alat tersebut,” kata Ridwan, Sabtu (3/1/2015).

Ridwan mengatakan Pinger Locater akan diterjunkan ke laut kemudian mengirimkan sinyal ke kotak hitam pesawat AirAsia. Peralatan di kotak hitam kemudian akan menjawab sinyal panggilan Pinger Locater, sehingga diketahui lokasinya.

Antara melansir, sejak Kamis (1/1/2015) BPPT telah menemukan objek di dasar laut yang diduga bangkai pesawat AirAsia QZ8501.

“Peralatan kami mendeteksi objek di dalam laut yang tampaknya bukan objek alam. Harapan optimis kami itu adalah bangkai pesawat yang jatuh,” tuturnya.

Ridwan mengatakan posisi terduga bangkai pesawat terdeteksi di koordinat 3 derajat 52 menit 9.44 detik Lintang Selatan dan 110 derajat 35 menit 11.06 detik Bujur Timur di kedalaman 29 meter hingga 30 meter. Objek yang terdeteksi memiliki ketinggian sekitar tiga meter.

“Harapan kami, survei hari ini betul-betul mengonfirmasi bahwa itu adalah bangkai pesawat yang jatuh. Hingga siang ini belum ada kabar dari tim yang sedang berada di laut,” ujarnya.(ant/ono/tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs