Jumat, 29 Maret 2024

Baca Buku Jadikan Lifestyle Songsong Masa Depan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Yuk Cerdas dengan Membaca digelar BEM Fikom UKWM Surabaya. Foto: Fikom UKWMS for suarasurabaya.net

Meski perkembangan informasi dan teknologi (IT) sangat pesat, membaca buku sepertinya masih dilakukan banyak orang di seluruh dunia. Menjadikannya sebagai gaya hidup atau lifestyle, membaca buku menjadi sangat penting saat ini serta untuk masa depan.

Mulai dari Novel, Biografi, Dongeng, Karya ilmiah atau jenis buku lainnya, keberadaan buku memang masih belum banyak tergantikan. Fakta membuktikan buku masih banyak dipakai atau digunakan masyarakat di hampir seluruh bagian dunia.

Sayangnya, tidak banyak masyarakat yang tahu serta menyadari pentingnya membaca buku. “Buku adalah sumber ilmu yang sifatnya abadi, mudah diakses, murah dan memiliki makna serta arti yang penting dan bernilai bagi manusia,” ujar Noveina Silviyani dosen Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala (Fikom UKWM) Surabaya.

Menurut Noveina, mulai dari pengetahuan hingga pengalaman bermakna, akan menjadi sia-sia dan tidak ada artinya jika tidak dituliskan atau diabadikan. “Tidak akan ada transfer ilmu, regenerasi nilai-nilai kehidupan, dan seterusnya, jika pengetahuan atau pengalaman itu tidak dituliskan,” lanjut Noveina.

Pengetahuan, atau pengalaman bermakna itu akan menjadi hilang di masa tertentu ketika tidak ada catatan, tulisan atau orang yang mengabadikannya. “Jika itu terjadi maka keberlangsungan peradaban manusia menjadi hilang,” kata Noveina.

Oleh karena itu, menjadikan membaca buku sebagai budaya sekaligus lifestyle adalah pilihan yang seharusnya dilakukan masyarakat. “Tidak hanya penting untuk saat ini, tetapi menjadikan membaca buku sebagai lifestyle dapat dilakukan guna menyongsong masa depan,” pungkas Noveina pada suarasurabaya.net, Selasa (3/11/2015).

Untuk mewujudkan masyarakat gemar membaca buku sekaligus menjadikannya bagian dari lifestyle, bekerjasama dengan Perpustakaan Umum Kota Surabaya, BEM Fikom UKWM Surabaya menggelar: Yuk Cerdas dengan Membaca, di Taman Prestasi Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs