Jumat, 24 Mei 2024

Bandara Juanda Termegah akan Dibangun Tahun 2017

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Bandara Internasional Juanda Surabaya akan segera dilengkapi dengan Terminal 3 (T3) berkapasitas 70 ribu penumpang pertahun. Pembangunan Terminal 3 rencananya akan mulai dilakukan pada 2017 mendatang, berbarengan dengan pembangunan runway 2 yang ditarget akan rampung 2019.

“Selama tahun 2016, proses pematangan detail engineering design (DED) dan pembebasan lahan mulai dilakukan,” kata Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jawa Timur, Jumat (25/12/2015).

Menurut Wahid, Terminal 3 ini nantinya adalah yang termegah di Asia. Bandara Singapura Changi Airport akan kalah dengan dengan Terminal 3 Juanda.

Pembangunan Terminal 3 nantinya akan berada di sebelah timur Terminal 1. Kapasitas dari Terminal 3 ini akan mampu melayani 70 ribu orang setiap tahunnya, namun untuk tahap pertama pembangunan, kapasitanya baru sekitar 35 ribu orang pertahun.

Luas lahan yang dibutuhkan untuk perluasan bandara mencapai 2 ribu hektare. Nantinya di kawasan ini juga akan ada kawasan terintegrasi seperti kawasan perdagangan, perumahan dan perkantoran seluas 2 ribu hektare, sehingga total lahan yang akan digunakan adalah 4 ribu hektare.

Terkait pembangunan runway baru, Wahid mengatakan jika runway 2 ini nantinya 60 persen pembangunannya akan berada di laut sehingga tidak membutuhkan banyak pembebasan lahan. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
27o
Kurs