Minggu, 16 Juni 2024

Bandara Juanda Tutup, Ratusan Penumpang Batal Mudik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana di Bandara Juanda ketika bandara tersebut ditutup akibat abu vulkanik Gunung Raung yang tertiup hingga ke Surabaya. Foto: Bruriy Susanto suarasurabaya.net

Sejumlah rute perjalanan pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda cancelled (dibatalkan) para pemegang tiket penerbangan di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Kamis (16/7/2015) mengantre untuk mendapatkan refund tiket.

Sejumlah penerbangan dengan Maskapai Garuda Indonesia tujuan Jakarta, Balikpapan, Semarang, Manado, Denpasar, Medan, Banjarmasin, dan Bandung dibatalkan karena penutupan bandara akibat abu vulkanik Gunung Raung. Tidak hanya itu, jadwal penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia dengan maskapai Air Asia juga dibatalkan.

Seluruh jadwal penerbangan dengan tujuan yang telah disebutkan di atas seharusnya dijadwalkan berangkat antara pukul 15.20 WIB hingga pukul 17.45 WIB. Namun karena abu vulkanik Gunung Raung, seluruh penerbangan itu dibatalkan.

Akibatnya, terjadi antrean panjang calon penumpang yang hendak menukarkan kembali tiket yang sudah dibeli (refund). Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net di T2 Bandara Internasional Juanda, penumpang yang mengantre kurang lebih mencapai ratusan orang.

Para calon penumpang pesawat yang mengantre tampak sabar menunggu. Beberapa lainnya duduk, beberapa lainnya menikmati makanan di booth makanan yang ada.

Salah satu petugas di Bandara Juanda menyebutkan, sejak pertama kali diumumkan penutupan Bandara Internasional Juandaserta berkoordinasi terkait dengan penutupan bandara T2 juanda.

Sunaryo, calon penumpang pesawat yang tinggal di Jalan Dharmahusada Surabaya harus menunda perjalanannya ke Banjarmasin karena penutupan Bandara akibat abu vulkanik raung.

“Saya berangkat besok saja,” ujarnya kepada suarasurabaya.net ketika mengantre untuk merefund tiket. Ratusan penumpang tersebut memilih untuk menunda perjalanan ke kampung halaman. (den/wak)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs