Minggu, 26 Mei 2024

Bandara Ngurah Rai Ditutup Sementara Pasca-Erupsi Anak Rinjani

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali. Foto: istimewa

Operator Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menutup sementara seluruh operasional bandara setempat pasca-erupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Trikora Harjo, General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, di Kuta, Kabupaten Badung, Selasa (3/11/2015), menjelaskan bahwa berkaitan dengan penutupan itu pihaknya telah mengeluarkan pemberitahuan kepada personel penerbangan di seluruh dunia atau “Notice to Airman” (Notam).

“Notam sudah kami keluarkan dengan nomor A2468/15,” ucapnya seperti dilansir Antara.

Penutupan sementara itu dilakukan mulai pukul 19.30 hingga 23.30 WITA.

Penutupan tersebut berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin, Australia.

Dipastikan ratusan penerbangan baik domestik maupun mancanegara terpaksa dibatalkan karena sebaran abu vulkanik anak Gunung Rinjani itu mengarah ke jalur penerbangan menuju Bali.

Ribuan calon penumpang dipastikan gagal terbang menuju sejumlah destinasi akibat penutupan sementara akibat faktor “force majeur” itu.

Sebelumnya 11 jadwal penerbangan yang dilayani dua maskapai Jetstar dan Virgin Australia membatalkan jadwal penerbangannya dari dan ke Bali akibat erupsi Gunung Barujari itu.

Selain pembatalan rute dari beberapa kota di Australia dari dan ke Bali, pembatalan juga dilakukan maskapai Jetstar untuk tujuan Denpasar-Singapura.(ant/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs