Sabtu, 27 April 2024

Bangun Merauke Prajurit Yonmarhanlan IX Gelar Karya Bakti

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Foto: Dispen Kormar

Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI Merauke melaksanakan karya bakti TNI di kampung Payum, Distrik Merauke, Papua, Rabu (4/2/2015).

Kegiatan yang dibuka pada tanggal 2 Februari 2015 oleh Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (PM) Totok Budi Susanto mewakili Komandan lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana tersebut yang bertindak selaku Komandan Satgas Karya Bakti TNI yaitu Danyonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Nioko Budi Legowo Harumbintoro, S.H, M.T Opsla.

Karya Bakti TNI melibatkan 72 personel aparat TNI dan Pemkab Merauke diantaranya Lantamal XI, Yonmarhanlan XI, Kodim 1707 Merauke, Yonif 755 Yalet, Lanud Merauke, Polres Merauke dan Satpol PP Kab Merauke serta masyarakat setempat.

Kegiatannya yaitu pemasangan keramik bantuan dar Panglima TNI di lima sektor yang berada di dua Distrik yaitu Payum, Nasem, Onggaya, Tomer dan Tomerau dengan sasaran fisik berupa rumah tinggal dan fasilitas umum seperti Gereja, Mushola, sekolah dan balai kampung.

Mayor Marinir Nioko Budi Legowo Harumbintoro, S.H, M.T Opsla mengatakan, kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 2-16 Februari 2015 tersebut sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat di Kabupaten Merauke, dengan harapan dengan manunggalnya TNI dengan rakyat, rakyat semakin mencintai TNI.

“Karya Bakti TNI merupakan amanah Pasal 7 ayat 2 (b) UU RI No 34 tahun 2004 tentang TNI, dimana tugas pokok TNI dilaksanakan melalaui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dimana Tugas TNI pada OMSP, diantaranya adalah memperdayaakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, membantu pemerintahan di daerah dan ikut membantu penanggulangan akibat bencana alam, yang dapat diimplementasikan antara lain melalui kegiatan karya bhakti TNI,” ujar Nioko Budi Legowo Harumbintoro, seperti dilansir dalam surat elektroniknya untuk suarasurabaya.net, Rabu (4/2/2015).(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs