Kamis, 16 Mei 2024

Banjir Tiap Tahun atau Lima Tahunan Tetap Rugikan Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Garda Bangsa Jawa Timur berikan bantuan korban banjir di Pakal. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ketinggian air banjir yang sebelumnya setinggi paha orang dewasa, berangsur-angsur memang surut. Pada Selasa (10/2/2015) ini warga bagian barat Kota Surabaya, khususnya yang berada di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal, Surabaya, menjadi satu di antara korban luapan kali Lamong yang sejak lama memang berada dan melintasi kawasan tersebut.

”Sekarang ini memang sudah surut. Beberapa hari yang lalu, pas bersamaan hujan deras, kawasan ini banjir. Ketinggiannya sampai sepaha orang dewasa. Masuk rumah banjirnya. Akses jalan juga terendam banjir. Warga tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Sekarang memang sudah jauh berkurang, tapi kalau hujan lagi pasti banjir lagi,” papar Waris, 50 tahun, warga RW 2 Sumber Rejo.

Banjir setinggi lebih kurang satu meter itu, menghentikan aktivitas sehari-hari warga. Demikian juga dengan aktifitas sekolah juga terhenti. “Dulu memang banjir seperti ini terjadi setiap 5 tahun sekali. Tetapi sekarang ini sepertinya tiap tahun, pas musim hujan, kok terus diikuti banjir di sini? Dulu banjir lima tahunan, sekarang tiap tahun banjir. Kami ini jadi korbannya,” tambah Waris.

Air banjir yang sampai menggenangi bagian dalam rumah warga Sumber Rejo, memang terlihat mulai surut pada Selasa (10/2/2015) ini meski sebelumnya ketinggian air banjir yang masuk kedalam rumah ada yang sampai 70 cm.

“Karena hari ini surut, maka kami bersama anggota Garda Bangsa Jawa Timur memberikan bantuan bahan makan. Banjir lima tahunan atau banjir setiap tahun, tetap saja masyarakat yang rugi. Masyarakat yang jadi korban,” terang Muhammad Kabil Mubarok Ketua Garda Bangsa Jawa Timur.

Kepada suarasurabaya.net, Kabil menambahkan kegiatan ini memang bagian awal dari keinginan Garda Bangsa Jawa Timur untuk ikut serta meringankan beban warga masyarakat yang saat ini rumahnya kebanjiran di wilayah langganan banjir Sumber Rejo, Pakal.

“Sekarang ini warga Sumber Rejo jadi langganan banjir, apalagi kalau Kali Lamong meluap. Kami ingin membantu meringankan beban warga masyarakat,” pungkas Kabil Mubarok.(tok/ipg)

Teks foto:
– Anggota Garda Bangsa Jatim datangi rumah korban banjir di Sumber Rejo, Pakal.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs