Sabtu, 20 April 2024

Banyak Minum Air dan Tetap Cuci Tangan Cegah Penyakit Ispa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Infeksi saluran pernafasan atas, batuk-batuk, pilek merupakan gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada saat musim kemarau dan terbanyak menyerang anak-anak. Selain banyak minum air, selalu mencuci tangan tetap harus dilakukan.

dr. Irma Lestari Paramestuty SpA., MBiomed kepala bagian penyakit anak di Rumah Sakit RKZ Surabaya membenarkan, bahwa asupan air sangat dibutuhkan bagi tubuh ketika kemarau atau musim panas datang.

“Dengan mengkonsumsi air yang cukup, anak akan terhindar dari dampak sengatan terik matahari langsung. Yang pasti tidak sampai dehidrasi. Sinar UV yang terik dari matahari memang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh,” terang Irma pada suarasurabaya.net, Senin (14/9/2015).

Mencuci tangan setelah bermain, lanjut Irma, juga dianjurkan agar anak-anak tetap mau menjaga kebersihan. Karena seringkali ada anggapan masyarakat bahwa saat kemarau seperti sekarang ini tidak perlu cuci tangan lantaran tidak ada kotoran atau sisa tanah yang menempel di kulit.

Padahal itu adalah anggapan yang keliru. “Cuci tangan tetap harus dilakukan untuk mencegah virus penyakit di musim kemarau menempel di tangan dan tubuh. Cuci tangan tetap harus dilakukan,” tegas Irma.

Tidak hanya pergantian kemusim penghujan saja menjaga kesehatan harus dilakukan. Pada saat kemarau seperti saat ini, mencuci tangan tetap harus dilakukan. Bila perlu gunakan sabun.

“Jangan sampai anak-anak kekurangan air di saat kemarau seperti ini. Dan pastikan juga tetap mengkonsumsi air agar tubuh tetap bugar, sekaligus jadi persediaan air bagi aktivitasnya yang tinggi,” pungkas Irma.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs