Kamis, 16 Mei 2024

Basarnas Kirim Penyelam dan Lifting Bag

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan

Tim Basarnas gabungan dan penyelam, kembali melakukan operasi evakuasi juga persiapan mengangkat ekor, serta pencarian black box pesawat AirAsia QZ 8501.

Pengangkatan ekor Pesawat AirAsia QZ8501 dan pencarian black box sudah kembali dilakukan Sabtu (10/1/2015) pagi. Tambahan lifting bag dan penyelam pun dikirim untuk segera merapat ke KRI Banda Aceh.

“Empat lifting bag dan tujuh penyelam diantar ke Pelabuhan Kumai menggunakan truk Basarnas, kemudian naik Kapal Negara Jakarta untuk menuju KRI Banda Aceh,” kata Marsekal Pertama TNI Angkatan Udara Supriyadi Direktur Operasional Basarnas, di Pangkalan Bun, Sabtu (10/1/2015).

Supriyadi menjelaskan, penambahan lifting bag, karena ekor pesawat AisAsia diperkirakan semakin berat, dengan adanya banyak lumpur yang melekat di ekor dan pasir laut juga makin banyak di dalam ekor pesawat.

Untuk penyelam, masih kata Supriyadi setibanya KRI Banda mereka yang dikirim nantinya akan berkoodinasi, untuk membantu tim penyelam dari TNI Angkatan Laut. Karena, komandonya ada di KRI Banda Aceh.

“Semua harus dilakukan koordinasi, terutama mengenai distribusi peralatan, seperti oksigen, serta pendistribusian para penyelam,” tegas dia.

Supriyadi menyatakan, penyelam Basarnas sudah siap diturunkan di beberapa titik lokasi obyek yang sudah terdeteksi di dasar bawah laut.

“21 penyelam sudah ada di KN Purworejo, 17 di KN Jakarta lagi mau sandar di Kumai. Untuk di KRI Banda Aceh sudah tiga penyelam,” terang dia.(riy/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
24o
Kurs